Sign Up search


menyusui

4 Tips Menghangatkan ASI Perah agar Tak Merusak Nutrisinya

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 26 Mar 2020 09:12 WIB
4 Tips Menghangatkan ASI Perah agar Tak Merusak Nutrisinya Tips menghangatkan suus agar nutrisnya tak hilang/ Foto: iStock
Jakarta - Beberapa cara perlu diperhatikan saat Bunda akan memberikan ASI perah (ASIP) pada si kecil. Terpenting, bagaimana cara menghangatkannya sehingga kandungan nutrisinya tidak hilang.

Tak sedikit ibuĀ menyusui melakukan beberapa kesalahan ketika memanaskanĀ ASIP. Misalnya, menghangatkan dalam air yang terlalu panas atau malah merebusnya di atas kompor.


Kebiasaan tersebut sebaiknya dihindari ya, Bun. Melansir Parents, cara di atas juga dikhawatirkan akan merusak kandungan ASI perah akibat botolnya meleleh kepanasan


"Bunda dapat menghangatkan ASI perah dengan merendamnya di dalam air hangat meski akan memakan waktu lebih lama," ujar Kelly A Hightower, R.N, seorang konselor laktasi.

Selain itu masih ada beberapa cara aman lainnya ketika ingin memberikan ASI perah. Melansir Mamanatural, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghangatkan ASIP agar nutrisinya tetap terjaga. Berikut ini diantaranya:

Tips Lancar Work From Home Tanpa Tangisan Anak Minta PerhatianTips menghangatkan suus agar nutrisnya tak hilang/ Foto: thinkstock


1. Mencairkan ASIP di bawah air keran

Bunda dapat mengalirkan air keran hangat dan tempatkan botol atau kantong ASI tertutup di bawah air mengalir. Kemudian, putar wadah secara perlahan selama beberapa menit sampai isinya hangat dan aduk agar lembut. Setelah itu, letakkan beberapa tetes pada pergelangan tangan sebelum diberikan pada bayi.

2. Merendam ASIP dengan air hangat

Siapkan mangkuk yang berisi air hangat. Tempatkan botol tertutup atau kantong ASI dalam wadah berisi air hangat selama beberapa menit, dan aduk perlahan agar lembut. Letakkan beberapa tetes pada pergelangan tangan sebelum memberikannya kepada bayi. Hal itu untuk menguji suhu apakah sudah hangat atau belum.

3. Menggunakan penghangat botol

Untuk menggunakan metode ini, sebaiknya ikuti instruksi pada perangkat yang digunakan agar nutrisinya tidak hilang.


4. Membiarkannya di atas meja

Tempatkan botol tertutup atau kantong ASIP di atas meja sampai mencapai suhu kamar. Kemudian aduk hingga lembut dan tes dengan meletakkan beberapa tetes di pergelangan tangan sebelum memberikannya pada bayi.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, pernah merasakan kebingungan karena si kecil yang masih ASI mengalami sembelit? Ternyata ada penjelasannya nih, Bun, langsung klik video di bawah ya!

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi