sign up SIGN UP search


menyusui

7 Langkah Memanfaatkan Kubis untuk Redakan Bengkak pada Payudara

Dewi Ratna Senin, 15 Nov 2021 12:14 WIB
Close up portrait of beautiful young mother asian carrying little baby girl in home and sunlight in the morning. Healthcare, love, relationship concept caption

Tak bisa dihindari, kebanyakan ibu menyusui sering mengalami rasa sakit atau peradangan pada payudara. Pembengkakan payudara, suplai ASI yang berlebihan, atau proses menyapih bayi, seringkali menyebabkan ketidaknyamanan. Berdasarkan penelitian, ada lho manfaat kubis dalam kasus tersebut.

Dilansir dari Very Well Family, para peneliti telah menemukan bahwa daun kubis punya khasiat untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Bunda perlu tahu bagaimana cara kerja dan langkah-langkah yang harus diikuti untuk mendapatkan manfaat kubis bagi ibu menyusui yang mengalami pembengkakan payudara.

Cara mendapatkan manfaat kubis untuk ibu menyusui

Daun kubis dingin dan menenangkan. Bunda bisa simak cara penggunaan daun ini untuk meredakan nyeri saat payudara sakit akibat pembengkakan berikut ini:


1. Dinginkan dahulu

Sebelum menikmati manfaat kubis untuk payudara yang membengkak, Bunda harus mendinginkannya dahulu. Jadi Bunda harus meletakkannya dahulu di dalam lemari es. Bunda bisa menggunakan kubis atau kol hijau maupun merah, tapi perlu diingat bahwa kol merah akan meninggalkan noda.

2. Kupas lapisan daunnya

Setelah kubis dingin, keluarkan dari kulkas. Kupas lapisan luar daunnya, dan buang. Lalu cabut dua daun bagian dalamnya dan masukkan kembali kubis ke dalam lemari es, agar siap saat Bunda membutuhkannya lagi.

3. Bilas daun kubis sampai bersih

Di wastafel, gunakan air dingin untuk membilas dua daun yang baru saja Bunda cabut. Pastikan daun kubis bersih dan bebas dari kotoran, pestisida, dan residu. Buang air yang yang menempel pada daunnya, dan keringkan menggunakan handuk bersih.

4. Potong dengan hati-hati

Setelah dibilas dan dikeringkan, potong batangnya dengan hati-hati dari tengah setiap daun tanpa memotongnya menjadi dua bagian. Hasil akhirnya akan berupa lubang celah di tengah, untuk ditempelkan ke payudara, tanpa menutupi puting.

5. Letakkan pada payudara

Selanjutnya, letakkan daun kol yang bersih dan dingin pada payudara Bunda. Tutupkan pada semua bagian payudara, tapi biarkan puting Bunda terbuka. Dengan menjauhkan kubis dari puting, kulit di sekitar puting akan tetap kering.

6. Posisikan kubis dengan nyaman

Posisikan daun kubis di payudara dengan cara yang sama seperti Bunda memegang kompres dingin. Atau Bunda bisa mengenakan bra agar daun kubis tidak bergeser. Jika khawatir bocor, letakkan bantalan payudara yang bersih dan kering di atas puting di atas daun kubis untuk menyerap ASI.

7. Biarkan kubis sampai tidak dingin lagi

Bunda bisa membiarkan daun kubis di atas payudara selama kurang lebih 20 menit, atau sampai sudah terasa hangat. Kemudian, lepaskan dari payudara dan buang daun yang sudah layu. Untuk bisa merasakan manfaat kubis lagi, Bunda bisa gunakan yang segar di lain waktu.

Nah, itu tadi cara mendapatkan manfaat kubis untuk payudara ibu menyusui yang bengkak dan nyeri. Bunda bisa mengulangi proses tersebut sampai payudara mulai merasa lega dan merasa lebih baik.

Ilustrasi ibu menyusui atau menggendong bayiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/damircudic

Tips memanfaatkan daun kubis

Jika Bunda masih menyusui atau memompa ASI untuk Si Kecil, dan hanya ingin menggunakan manfaat kubis untuk membantu mengurangi dan meredakan pembengkakan payudara, lebih baik tidak berlebihan memakainya. Setelah payudara sudah terasa lebih baik dan pembengkakan berkurang, hentikan penggunaan kompres daun kubis ini. 

Namun jika memakainya saat sudah menyapih Si Kecil dari susu ibu, maka Bunda bisa mendapatkan manfaat daun kubis untuk payudara bengkak ini kapan saja. Kompres jika Bunda mulai merasa tidak nyaman, dan selesaikan jika sudah merasa lebih baik.

Pengaruh kompres daun kubis pada suplai susu

Meski manfaat kubis dingin bisa untuk membantu mengurangi pembengkakan payudara, tapi di balik itu juga bisa menurunkan suplai ASI Bunda. Jika terus menggunakan kompres kubis dingin pada payudara setelah bengkak sudah reda, ini mungkin akan mengakibatkan pasokan ASI menurun.

So, Bunda bisa terus menerus menggunakannya untuk mendapatkan manfaat kubis pada payudara yang bengkak, hanya jika memang sudah benar-benar ingin mengeringkan ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!