sign up SIGN UP search


menyusui

Bisakah Virus Corona Ditularkan ke Bayi Melalui ASI?

Asri Ediyati Kamis, 09 Apr 2020 17:37 WIB
Menyusui di tengah pandemi Corona seperti ini bikin khawatir. Jika ibu menyusui terkena virus Corona, bisakah virus ditularkan melalui ASI? caption
Jakarta - Pastinya ada kekhawatiran bagi Bunda yang kini masih menyusui bayinya di tengah merebaknya virus Corona. Ya, karena sebagian orang atau mungkin termasuk kita, tidak tahu ada virus Corona dalam tubuh kita atau tidak. Hal ini mengingat, ada beberapa kasus positif Corona yang tak menunjukkan gejala.

Lantas, jika ibu menyusui baru tahu positif terinfeksi virus Corona, bisakah virus Corona ditularkan ke bayi melalui ASI? Mengutip New York Times, sejauh ini virus belum terdeteksi dalam ASI.


Para peneliti di University of California, San Diego saat ini mengumpulkan sampel susu dari ibu yang terinfeksi dan membuat tes khusus untuk menentukan berapa banyak virus (jika ada) di dalam ASI.


"Berdasarkan semua yang telah kita lihat sejauh ini, saya akan berpikir bahwa kemungkinan virus dalam susu pada beban tinggi mungkin sangat tipis," kata Lars Bode, Ph.D, direktur Mother-Milk- Pusat Keunggulan Riset Bayi di UC San Diego.

"Tapi kami ingin mengesampingkan bahwa itu sebenarnya bukan masalahnya," ujarnya.

Sementara itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menganjurkan ibu hamil yang positif COVID-19 untuk tetap menyusui. WHO mengatakan, jika wanita dengan COVID-19 menyusui maka harus lakukan kebersihan pernapasan saat menyusui, gunakan masker jika tersedia.

"Cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bayi. Secara rutin membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang telah mereka sentuh," tulis WHO di laman resminya.

Jika seorang ibu lebih memilih memompa ASI alih-alih menyusui, dianjurkan cuci tangan sebelum menyentuh pompa atau bagian botol apa pun dan pastikan untuk membersihkan bagian pompa secara menyeluruh.


Simak juga fakta tentang virus Corona berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi