sign up SIGN UP search


menyusui

Posisi Menyusui yang Tepat agar Bayi Tak Tersedak Saat Let Down Reflex

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 08 Apr 2020 08:06 WIB
Ada kalanya ASI mengalir dengan sangat derasa atau disebut Let Down Reflex. Nah, simak posisi menyusui agar si kecil tak tersedak ketika ASI deras. caption
Jakarta - Isapan bayi saat menyusu akan membuat ASI secara refleks keluar dari payudara. Inilah yang kemudian disebut LDR atau Let-down reflex, Bunda.

Melansir Bellybelly, ujung saraf kecil pada puting payudara dan areola dirangsang bayi ketika mereka menyusu. Inilah yang kemudian menyebabkan hormon oksitosin dilepaskan dari otak, dan membuat otot-otot di sekitar ASI memicu jaringan di payudara berkontraksi.


Pada akhirnya, kontraksi tersebut memaksa ASI masuk ke dalam saluranĀ ASI dan keluar dari lubang kecil di puting payudara Bunda. Dalam keadaan ini, sebagian Bunda kerap mengalami reaksi LDR yang terlalu aktif atau cepat. Sehingga dibutuhkan upaya untuk membuat bayi tetap nyaman dan tidak tersedak ketika menyusui, Bun.


Untuk menghadapi kondisi tersebut, salah satu yang bisa Bunda lakukan yakni menemukan posisiĀ menyusui yang tepat. Andie B. Schwartz, M.Ed, RD, LD, CLC, seorang konsultan laktasi mengatakan kuncinya ialah membuat bayi menyusu tegak, dengan kepala di atas puting agar mendapatkan bantuan dari arah gravitasi.

Posisi Menyusui yang Tepat agar Bayi Tak Tersedak Saat Let Down ReflexTips menyusui saat terjadi let down reflex/ Foto: iStock

"Posisi santai merupakan posisi yang baik dilakukan di rumah, dimana bayi berada di atas Bunda dan Bunda berbaring dalam posisi yang nyaman. Bunda dapat memanfaatkan kursi atau bantal untuk menopang bayi. Sementara, saat menyusui di tempat umum, Bunda dapat memposisikan bayi duduk dan menghadap ke payudara," ujar Schwartz, dikutip dari Romper.


Selain itu, posisi duduk santai dimana Bunda menggeser pantat ke depan dan bersandar juga dapat menjadi pilihan. Posisi ini akan menempatkan bayi di atas payudara, daripada tepat di bawahnya atau ke samping dalam posisi tegak pada umumnya. Dalam posisi ini juga si kecil akan mendapatkan pelekatan yang lebih dalam dimana membantu mereka mengatur aliran ASI yang diisapnya.

Nah, semoga membantu ya, Bun!

Bunda, simak juga yuk tips menyusui yang benar dari dr Reisa dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi