sign up SIGN UP search


menyusui

Apakah ASI Bisa Lindungi Bayi dari Virus Corona?

Asri Ediyati Minggu, 12 Apr 2020 19:21 WIB
Seperti yang kita tahu kandungan air susu ibu (ASI) bisa membentuk imunitas tambahan bagi bayi. Apakah ASI bisa lindungi bayi dari virus Corona? caption
Jakarta - Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, kandungan air susu ibu (ASI) begitu baik dan bisa membentuk imunitas bagi bayi. Mengingat kita sekarang berada di tengah pandemi Corona maka pertanyaannya adalah apakah ASI bisa lindungi bayi dari virus Corona?

"Berdasarkan apa yang kami ketahui tentang virus lain seperti flu biasa, ada alasan untuk meyakini para peneliti akan menemukan antibodi terhadap COVID-19 dalam ASI wanita yang telah terinfeksi oleh virus Corona," kata Christina Chambers, Ph.D., wakil direktur Center for Better Beginnings di UC San Diego dan direktur program Mommy's Milk Human Milk Research Biorepository.


Akan tetapi para peneliti belum tahu pasti. "Jika seorang ibu terinfeksi, harapannya adalah bahwa dia memproduksi antibodi terhadap COVID-19 yang ada dalam ASInya," yang "bisa menjadi manfaat luar biasa bagi anak," kata Chambers, dikutip dari New York Times.


Terlepas dari cara pemberian ASI, para ahli kesehatan setuju bahwa penting untuk memberikan ASI sebanyak mungkin pada saat ini.

Apakah ASI Bisa Lindungi Bayi dari Virus Corona?Asi apakah bisa melindungi bayi dari corona? Foto: iStock


Jangan khawatir jika Bunda tidak dapat menyusui secara eksklusif dan harus menambahkan susu formula. Bayi masih akan menerima manfaat imunologis dan nutrisi penting dari ASI atau susu formula apa pun yang dapat Bunda berikan. Demikian kata para ahli.

"Kami merekomendasikan pemberian ASI eksklusif tetapi hal terbaik berikutnya adalah pemberian ASI parsial," kata Lori Feldman-Winter, M.D., ketua A.A.P. bagian tentang menyusui dan dokter anak di Cooper University Health Care di Camden, New Jersey.


Simak juga fakta tentang virus Corona berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi