Sign Up search


menyusui

5 Manfaat Menyusui untuk Bunda: Cegah Depresi hingga Kanker Payudara

Yuni Ayu Amida Rabu, 04 Mar 2020 09:30 WIB
5 Manfaat Menyusui untuk Bunda: Cegah Depresi hingga Kanker Payudara caption
Jakarta - Setelah melahirkan si kecil, Bunda tentunya akan melewati fase menyusui. Nah, menyusui tidak hanya bermanfaat untuk bayi lho, tetapi juga untuk Bunda sendiri.

Beberapa ahli mengatakan, manfaat menyusui akan terasa lebih signifikan bagi Bunda yang memberikan ASI secara eksklusif. Di antaranya dapat mencegah kehamilan untuk beberapa waktu, Bunda. Mau tahu manfaat lainnya? Simak ulasannya berikut ini:


1. Menunda periode haid


Dikatakan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, sebagian besar ibu menyusui mengalami amenore laktasi, yang berarti menstruasi mereka berhenti setidaknya untuk beberapa waktu ketika mereka menyusui.

Ini artinya, menurut penjelasan Nwadike, wanita yang biasanya mengalami periode yang menyakitkan akan terhindar dari rasa sakit ini.

2. Mencegah kehamilan

Pemberian ASI eksklusif setidaknya 6 bulan pertama kelahiran bayi, disebut dapat mencegah kehamilan. Namun, cara ini tidak akan efektif jika si kecil sudah mulai mendapatkan MPASI.

"Bagi wanita yang berharap untuk menghindari kehamilan, ini bisa menjadi manfaat yang signifikan." jelas Nwadike, dilansir Medical News Today.

3. Menghindarkan depresi pascamelahirkan

Nwadike menambahkan, beberapa peneliti mengatakan bahwa wanita yang tidak menyusui lebih mungkin mengalami depresi pascapersalinan. Meski alasannya belum dipastikan, dan peneliti belum membuktikan bahwa menyusui dapat meningkatkan kesehatan mental, namun ada kemungkinan bahwa perubahan hormonal yang berhubungan dengan menyusui bisa menawarkan manfaat kesehatan mental tersebut.

Ragam Manfaat Ibu Menyusui: Cegah Depresi hingga Kanker PayudaraRagam Manfaat Ibu Menyusui: Cegah Depresi hingga Kanker Payudara/ Foto: iStock

4. Turunkan risiko kanker dan diabetes

Sementara itu, ada beberapa manfaat jangka panjang yang didapat ibu menyusui, termasuk kemungkinan berkurangnya beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kegemukan, serta terhindar dari diabetes tipe 2.

Senada dengan hal tersebut, berdasarkan ulasan yang dikutip dari Healthy Children menjelaskan bahwa ibu menyusui mengalami penurunan tingkat kanker payudara dan ovarium di kemudian hari. Beberapa penelitian juga telah menemukan, menyusui dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, rheumatoid arthritis, dan penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

5. Mengembalikan ukuran rahim dengan cepat

Tak hanya itu, studi menunjukkan, menyusui memberikan manfaat kesehatan bagi ibu di luar kepuasan emosional. Ibu yang menyusui akan pulih dari persalinan dengan lebih cepat dan mudah. Hormon oksitosin dilepaskan selama menyusui, yakni hormon yang bisa bertindak untuk mengembalikan rahim ke ukuran normal lebih cepat, serta dapat mengurangi perdarahan postpartum.


Simak juga video terkait fakta hamil dan menyusui turunkan risiko kanker payudara,

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi