sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips agar Ibu Menyusui Tidak Dehidrasi

Siti Hafadzoh Senin, 20 Apr 2020 08:00 WIB
5 Tips agar Ibu Menyusui Tidak Dehidrasi caption
Jakarta - Ibu menyusui butuh banyak asupan cairan supaya tidak dehidrasi. Ini karena cairan tubuh Bunda juga keluar lewat ASI.

Mengutip Very Well Family, ibu menyusui membutuhkan sekitar 2,8 liter atau 12 gelas air setiap hari. Tapi, tidak ada takaran yang pasti berapa banyak yang harus Bunda minum.


Hal yang penting adalah memastikan supaya tubuh ibu menyusui tidak dehidrasi. Konsumsi cairan yang cukup juga dapat membantu menjaga produksi ASI, Bun.


"Konsumsi cukup cairan memang membantu menjaga produksi ASI, namun yang paling penting membuat kita sehat dan selalu terhidrasi," kata ahli kesehatan anak dan perawat Donna Murray, RN, BSN.

Tidak sulit kok untuk memastikan Bunda terdehidrasi selama menyusui. Dikutip dari Mom Junction, berikut 5 tips supaya Bunda tidak kekurangan cairan ketika menyusui.

1. Peka terhadap kondisi tubuh

Kalau merasa haus, Bunda harus segera minum air ya. Ibu menyusui biasanya lebih haus dibandingkan orang-orang pada umumnya.

Kalau perlu, simpan segelas atau sebotol air di samping Bunda saat menyusui. Jadi, Bunda bisa langsung minum ketika haus.

"Banyak wanita merasa haus setiap kali menyusui. Artinya, tubuh butuh dorongan untuk mengisi kembali cairan," kata konsultan laktasi Kristin Gourley, IBCLC, IBCL dikutip dari Romper.

5 Tips agar Ibu Menyusui Tidak DehidrasiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock
2. Konsumsi air yang bervariasi

Minum air putih saja mungkin akan membosankan. Coba masukkan potongan buah seperti lemon atau stroberi ke dalam air. Ini akan menambah rasa manis, asam, dan segar ketika minum.

3. Hindari minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi bukannya menghilangkan dahaga, malah membuat Bunda tambah haus. Minuman ini juga membuat tubuh mengasup kalori yang tidak diperlukan.

4. Kurangi minuman mengandung kafein

Kurangi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Minuman ini akan menyebabkan banyak air yang keluar lewat urine dan akan meningkatkan risiko dehidrasi.


5. Makan sayur dan buah segar

Supaya asupan cairannya cukup, Bunda juga perlu makan buah dan sayur yang mengandung banyak air. Misalnya, jeruk, stroberi, semangka, selada, timun, dan bayam.

Semoga tips ini membantu ya, Bun.

Lihat juga cara mengatasi kalau bayi mengalami tongue tie berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi