sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips agar Ibu Menyusui Sehat Saat Menjalankan Puasa Ramadhan

Asri Ediyati Rabu, 29 Apr 2020 19:47 WIB
5 Tips agar Ibu Menyusui Sehat Saat Menjalankan Puasa Ramadhan caption
Jakarta - Dalam Islam, ibu menyusui termasuk golongan yang tidak diwajibkan berpuasa Ramadhan. Ada beberapa kekhawatiran yang menyebabkan ibu hamil tak wajib menjalankan ibadah puasa. Namun, soal aman atau tidaknya berpuasa, jawabannya aman-aman saja.

Dilansir Parenting FirstCry, tubuh akan menghasilkan susu yang cukup untuk memuaskan bayi. Ini terjadi karena tubuh menyesuaikan dengan cara baru membakar kalori untuk menghasilkan susu. Sebaliknya tubuh Bunda mampu memproduksi susu untuk bayi, bahkan jika Bunda tidak makan apa pun selama 24 jam.


Namun sebelum Bunda menjalankan ibadah puasa, ada baiknya untuk dapat berdiskusi dengan dokter jika khawatir tentang puasa saat menyusui.


Jika Bunda yakin bisa berpuasa saat menyusui. Berikut ini lima tips agarĀ ibu menyusui tetap sehat saat menjalankan puasa Ramadhan, dilansir Mom Junction.

1. Makan sahur dan buka yang bergizi

Pastikan Bunda mendapatkan makanan yang baik dan bergizi seimbang saat menyusui. Jika Bunda memotong beberapa jenis makanan tertentu, seperti daging dari makanan, ganti dengan suplemen.

2. Minumlah sebanyak yang Bunda bisa

Menyusui bisa membuat haus. Jadi, pastikan Bunda mendapat cukup cairan. Ini penting terutama selama bulan-bulan musim panas untuk menghindari dehidrasi. Jika Bunda tidak bisa minum air saat puasa, pastikan untuk minum cukup sebelum dan setelah periode puasa.
ilustrasi ibu menyusuiilustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

3. Tunda pekerjaan berat

Jika bisa, cobalah untuk menunda pekerjaan yang membutuhkan banyak energi untuk nanti. Lakukan pekerjaan setelah berbuka puasa.

4. Beristirahat sebisa mungkin

Menyusui bisa menguras energi dan jika Anda berpuasa, itu bisa menjadi sangat sulit. Jadi, istirahatlah ketika Bunda bisa, sebanyak yang kita bisa untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi.

5. Perhatikan kondisi si kecil

Ada kemungkinan kecil bahwa bayi mungkin mendapat lebih sedikit ASI saat berpuasa. Jadi perhatikan si kecil, jika Bunda melihat popok basah lebih sedikit, kotoran lebih pekat, ada penurunan berat badan, dan lain-lain. Bicarakan dengan dokter.

Jadi, haruskah berpuasa saat menyusui? Itu tergantung Bunda. Jika anak sudah lebih besar dan sudah mulai makanan padat, puasa tidak akan berdampak besar. Akan tetapi jika anak masih berusia kurang dari enam bulan, lebih baik konsultasikan hal ini dahulu ke dokter.


Simak juga cara aman cegah kehamilan saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi