sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab ASI Bunda Berubah Warna Saat Bayi Sakit

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 26 Apr 2020 08:01 WIB
Beautiful mom lying at the back of the baby while the infant is sleeping on the white bed. Asian mother looking at the baby which is her child with love and care. caption
Jakarta - Manfaat ASI tentu tak perlu diragukan lagi. Tapi tahukah Bunda bahwa sebenarnya ASI juga memberikan sinyal lho, Bun, ketika buah hati sakit sejak awal?

Ya, betul sekali, Bun. ASI memang dapat menjadi tanda awal bahwa mereka sedang tidak fit. Biasanya, hal tersebut diperlihatkan dengan warna ASI yang berubah dari biasanya, Bun.


Jamil Abdur Rahman, MD, seorang obgyn di Waukegan, Illinois, mengatakan bahwa ketika ASI Bunda tiba-tiba terlihat berubah warna, tepat seperti di awal kelahiran bayi yang berada pada fase memproduksi kolostrum, itu bisa menjadi petunjuk yang solid bahwa telah terjadi sesuatu pada bayi, Bun.


"Tidak hanya itu mungkin. Bahkan, kemungkinan ketika seorang ibu menyusui atau bayinya menyusu, penampilan ASI yang diproduksi pun bisa berubah," ujar Rahman seperti dikutip dari laman Romper.

Bunda tidak perlu khawatir mengenai hal ini ya. Sebab, ASI memang dapat beradaptasi ketika puting mendeteksi bahwa si kecil sedang tidak fit.

Penyebab ASI Bunda Berubah Warna Saat Bayi SakitPenyebab ASI berubah warna/ Foto: iStock

Dikutip dari laman Wusa9, seorang konsultan laktasi di Bethesda, Michelle Atulberger menjelaskan hubungan warna ASI dengan sakit bayi. Menurutnya, air liur bayi yang menempel di puting ketika disusui bisa terserap ke dalam payudara. Hal itu nantinya akan membuat ASI mengeluarkan antibodi yang diperlukan oleh anak untuk melawan penyakitnya.

Dalam kondisi tersebut, biasanya ASI akan tampak seperti kolostrum yang dikeluarkan di awal-awal pertama menyusui bayi baru lahir. Di mana ASI ini sangat tebal dengan antibodi dan sel darah putih untuk memproteksi bayi.


Dan, seperti dijelaskan American Association of Pregnancy bahwa kolostrum yang kekuningan juga kaya protein, vitamin yang larut dalam lemak, dan mineral yang dibutuhkan bayi agar tetap kuat dan melawan flu.

Nah, jadi Bunda jangan panik ya ketika ASI berubah warna. Terpenting, buah hati tampak baik-baik saja. Semangat mengASIhi, Bun!

Bunda, simak juga yuk cara mengatasi puting lecet pada ibu menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi