sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Mencegah Saluran ASI Tersumbat, Ibu Menyusui Perlu Tahu

Yuni Ayu Amida Kamis, 30 Apr 2020 08:15 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta - Saluran ASI tersumbat tentunya membuat proses menyusui jadi tidak nyaman. Untuk itu, sebelum mengalami hal tersebut, ada baiknya untuk melakukan pencegahan agar saluran ASI tak mudah tersumbat.

Menurut dokter kandungan, Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, saluran ASI tersumbat paling sering terjadi pada ibu menyusui yang baru saja melahirkan, dan ibu yang tidak menyusui atau baru saja berhenti menyusui.


"Saluran yang tersumbat lebih mungkin terjadi jika ibu menyusui tidak mengeringkan payudara dengan seksama. Ini bisa membuat ASI menumpuk dan memblokir saluran," kata Nwadike, dilansir Medical News Today.


Nwadike menambahkan, siapa pun yang sedang menyusui bisa mengalami hal sepert ini. Faktor risiko di antaranya perubahan pada pola makan, pelekatan yang tidak tepat, tidak sepenuhnya mengeringkan payudara di setiap sesi menyusui, jadwal menyusui tidak teratur, sesi menyusui singkat atau dilewati. Juga tekanan pada payudara karena posisi menyusui yang tidak nyaman, pakaian ketat, atau bra ketat.

Nah, supaya Bunda tidak mengalaminya, berikut ini tips mencegah saluran ASI tersumbat, dikutip dari Wery Well Family.

1. Mintalah bantuan seseorang yang memiliki pengalaman menyusui untuk mengevaluasi teknik menyusui Bunda.

2. Sering-seringlah menyusui bayi. Untuk menjaga ASI mengalir melalui payudara dan mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran ASI, Bunda harus mengeluarkannya secara teratur dan sering.

3. Ubah posisiĀ menyusui di setiap sesi menyusui. Ini memungkinkan bayi untuk mengosongkan kedua payudara.

7 Tips Mencegah Saluran ASI Tersumbat, Ibu Menyusui Perlu Tahu7 Tips Mencegah Saluran ASI Tersumbat, Ibu Menyusui Perlu Tahu/ Foto: iStock

4. Cobalah menghindari lemak jenuh dalam menu makanan atau menu diet harian. Sumbat cenderung berlemak, sehingga diet rendah lemak dapat membantu mencegahnya terbentuk.

5. Hindari pakaian ketat dan bra menyusui yang terlalu ketat.

6. Jangan tidur tengkurap, karena dapat memberi tekanan pada payudara.

7. Tetap terhidrasi dan banyak istirahat.


Simak juga tips cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi