sign up SIGN UP search


menyusui

5 Buah yang Sebaiknya Dihindari Ibu Menyusui

Siti Hafadzoh Senin, 18 May 2020 17:35 WIB
healthy beautiful attractive long black hair woman happiness smile hand hold red apple with foreground of fruit bowl white room interior background caption
Jakarta -

Ibu menyusui harus mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. Bunda membutuhkan vitamin dari buah-buahan untuk nutrisi tubuh dan ASI.

Namun, ada beberapa makanan yang konsumsinya perlu dikurangi oleh ibu menyusui. Ini karena ada beberapa makanan yang akan berdampak pada ASI.

"Meskipun tidak semua makanan dan cairan melewati ASI Bunda selama proses pencernaan, tetapi makanan atau minuman mempengaruhi ASI Anda dengan cara apa pun, dan itu akan berdampak pada bayi Anda," kata Desi Horsman dikutip dari Living Loving.


Dikutip dari Firstcry Parenting, ini 5 buah-buahan yang sebaiknya dikurangi selama menyusui:

1. Jeruk bali

Meskipun jeruk bali adalah salah satu buah yang sehat, buah ini memiliki rasa yang sangat asam. Bayi di bawah usia 18 bulan sulit untuk menerima rasa asam dari jeruk bali.

Karena rasa asamnya yang terlalu ekstrem, Bunda perlu menghindari buah ini ketika menyusui. Hindari konsumsi jeruk bali sampai anak berusia 3 tahun.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan sangat bagus untuk tubuh, karena sifatnya yang antibakteri dan anti-inflamasi. Tapi, rasa asam pada buah ini sangat tinggi. Sehingga, Bunda perlu menghindari konsumsi jeruk nipis selama menyusui.

buah-buahanIlustrasi buah-buahan/ Foto: shutterstock

3. Ceri

Buah ceri sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Tapi, jika Bunda mengonsumsinya ketika menyusui, ini akan berpengaruh pada si kecil. Bayi yang menyusu mungkin akan mengalami sakit perut, sendawa, dan buang angin.

4. Kiwi

Kiwi biasanya sangat sehat untuk tubuh. Buah ini merupakan sumber vitamin.

Namun, kiwi memiliki rasa yang asam. Ditambah lagi, buah ini tinggi gula. Jadi, lebih baik dihindari selama menyusui ya, Bun.

5. Stroberi

Gula yang terdapat pada stroberi terlalu tinggi. Sedangkan, bayi tidak memiliki insulin yang tinggi untuk memecah gula ini sampai ia berusia 3 tahun. Makanya, Bunda harus menghindari makan stroberi ketika menyusui.

Simak cara aman mencegah kehamilan untuk ibu menyusui berikut ini yuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi