sign up SIGN UP search


menyusui

7 Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui, Apa Saja?

Asri Ediyati Sabtu, 11 Apr 2020 14:15 WIB
Sebagai ibu baru pastinya selalu ingin memberikan ASI yang cukup untuk anak. Berikut tujuh buah yang bisa perlancar ASI untuk ibu menyusui. Apa saja? caption
Jakarta - Seperti yang diketahui banyak ibu baru, salah satu tujuan terpenting selama menyusui adalah menjaga persediaan ASI tetap memadai. Sebagai ahli gizi, Brigitte Zeitlin, pendiri BZ Nutrition menjelaskan bahwa makan protein tanpa lemak, beragam sayuran, dan biji-bijian utuh sangat penting untuk ibu menyusui.

"Itu benar-benar dapat membantu menjaga suplai ASI (air susu ibu)," ujar Zeitlin dikutip dari Romper, Sabtu (11/4/2020).


Selain sayuran dan biji-bijian, ada juga nih buah-buahan yang dipercaya bisa perlancar ASI. Apa saja buahnya? Berikut tujuh buah yang baik untukĀ ibu menyusui yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Jeruk


"Permata jeruk ini adalah sumber vitamin C yang sangat baik yang banyak dibutuhkan ibu menyusui, bahkan lebih dari ketika Anda hamil," kata Zeitlin.

Seperti yang dilaporkan Kid's Health, vitamin C memainkan peran penting dalam menumbuhkan gigi dan otot yang sehat pada semua anak, termasuk bayi baru lahir. Zeitlin mengatakan itu juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui. Dia juga menambahkan bahwa ibu baru harus mengusahakan sekitar 120 miligram vitamin C per hari, yang berarti sekitar dua jeruk kecil.

2. Aprikot

Buah yang halus dan manis ini mengandung beberapa fitoestrogen, yang meniru aktivitas estrogen dalam tubuh. Seperti kata Zeitlin, fitoestrogen membantu mengatur hormon penghasil susu dalam tubuh dan dapat meningkatkan laktasi. Aprikot juga kaya dengan kalsium, kalium dan vitamin C dan A, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan optimal untuk Bunda dan bayi.

3. Pepaya hijau

"Pepaya hijau adalah sumber galactogogue yang membantu mendorong produksi susu yang meningkatkan laktasi," kata Zeitlin.

Dia merekomendasikan menambahkan 1/2 cangkir pepaya hijau untuk dijadikan smoothie sama dengan makanan kaya galactogogue lainnya seperti bayam dan wortel. Tambahkan susu almond tanpa pemanis dengan 1/2 cangkir Greek yogurt.
Ilustrasi pepaya hijauIlustrasi pepaya hijau/ Foto: detikfood

4. Blueberry

Menurut WebMD, manfaat blueberry yang utama adalah sifat antioksidannya. Blueberry memiliki potensi antioksidan tertinggi dari buah apa pun. Meskipun jumlah antioksidan yang melewati ASI sebagian besar tidak diketahui, akan tetapi sudah dikonfirmasi bahwa antioksidan memang benar-benar menular kepada bayi. Antioksidan dapat membantu mencegah penyakit pada bayi, menurut sebuah studi dalam Journal of Health, Population and Nutrition.

5. Stroberi

Stroberi adalah buah yang kaya vitamin C, dan akan membantu ibu baru memenuhi 120 miligram yang direkomendasikan per hari. Selain itu, Zeitlin mengatakan stroberi memiliki kandungan air yang tinggi, yang membantu hidrasi.Sangat penting bagi ibu menyusui untuk tetap terhidrasi dan sehat untuk diri mereka sendiri, dan untuk bayi mereka.

ilustrasi buah stroberiilustrasi buah stroberi/ Foto: iStock

6. Pisang

Ya, buah ini mengandung potasium. Zat tersebut sangat penting bagi wanita hamil, tetapi mempertahankan kadar potasium yang tinggi masih sangat penting saat menyusui. Dan sebenarnya, Bunda membutuhkan lebih banyak sebagai ibu menyusui, karena akan membantu Bunda menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit

Menurut Baby Center, jumlah potasium yang disarankan adalah 5.100 miligram. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 450 miligram kalium.

7. Alpukat

Sama seperti pisang, alpukat mengandung banyak potasium. Bahkan kadarnya lebih dari pisang, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) sekitar 975 miligram dalam satu alpukat.

Selain itu, alpukat adalah buah yang mengandung protein dengan empat gram per porsi, seperti yang ditunjukkan oleh database nutrisi USDA. Alpukat juga merupakan sumber asam amino yang hebat, yang merupakan bahan penyusun protein dan penting dalam pertumbuhan sel untukĀ ibu menyusui dan bayi.


Simak juga cara membersihkan lidah putih pada bayi melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi