sign up SIGN UP search


menyusui

9 Buah Buat Ibu Menyusui yang Bisa Melancarkan ASI, Pisang hingga Jeruk

Kurnia Yustiana Minggu, 21 Jun 2020 11:16 WIB
Jeruk Mandarin caption
Jakarta -

Sangat penting bagi Bunda yang sedang program ASI eksklusif untuk menjaga suplai ASI tetap memadai. Untuk itu, Bunda perlu bersemangat dan menstimulasi supaya produk ASI lancar.

Tak hanya menjaga kualitas istirahat, Bunda perlu mengonsumi makanan bergizi. Dalam hal ini termasuk buah-buahan yang tepat.

"Untuk meningkatkan produksi susu, usahakan makan makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu, protein dan lemak sehat," ujar Lisa Lewis, dokter spesialis anak di Forth Worth, Amerika Serikat, dikutip dari Woman's Day, Minggu (21/6/2020).


Sejumlah buah pun bisa dikonsumsi untuk membantu memperlancar ASI. Dilansir Romper, berikut ini aneka buah buat ibu menyusui yang bisa membantu memperlancar ASI:

1. Pisang

Kalium menjadi zat gizi yang krusial bagi ibu hamil, tapi menjaga kadarnya tetap tinggi saat menyusui juga tak kalah penting. Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalium untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit.

Maka, buah seperti pisang yang banyak mengandung kalium disarankan untuk dikonsumsi. Satu buah pisang berukuran sedang rata-rata mengandung sekira 450 gram kalium.

2. Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Ibu menyusui yang membutuhkan banyak vitamin C, sebaiknya mengonsumsi jeruk untuk membantu melancarkan ASI.

Menurut Brigitte Zeitlin, ahli gizi sekaligus pendiri BZ Nutrition, ibu baru sebaiknya mencukupi kebutuhan 120 miligram vitamin C per hari. Ini bisa didapat dari 2 buah jeruk kecil.

3. Aprikot

Buah ini mengandung fitoesterogen yang dapat membantu mengatur hormon penghasil ASI dalam tubuh dan bisa meningkatkan laktasi. Aprikot juga mengandung kalsium, kalium dan vitamin C serta A, yang ikut berkontribusi meningkatkan kesehatan tubuh.

4. Pepaya hijau

Berikutnya, buah yang dapat membantu produksi ASI adalah pepaya hijau. Nah, pepaya hijau ini menjadi makanan sumber galactagogue yang dapat meningkatkan suplai ASI.

5. Blueberry

Manfaat blueberry yang paling menonjol adalah sifat antioksidan. Blueberry memiliki potensi antioksidan tertinggi dibandingkan buah lainnya, menurut WebMD.

Strawberries in white pots in a row on a benchIlustrasi/ Foto: iStock

6. Stroberi

Tak hanya jeruk, stroberi juga menjadi sumber vitamin C yang baik. Mengonsumsi stroberi bisa membantu Bunda mencukupi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 120 miligram. Stroberi juga kaya akan air sehingga membantu hidrasi.

7. Alpukat

Alpukat kaya akan kalium. Kandungannya lebih banyak dari pisang. Dalam satu buah alpukat mengandung hingga 975 miligram kalium.

Selain itu, alpukat mengandung banyak protein, serta menjadi sumber asam amino yang baik untuk ibu dan bayi.

8. Sawo

Sawo termasuk buah tinggi kalori yang baik untuk ibu menyusui. Buah ini juga kaya akan serat, yang membuat Bunda merasa lebih kenyang dan mencegah sembelit.

9. Blewah

Satu lagi buah yang bisa membantu melancarkan ASI, yaitu blewah. Blewah mengandung 50 gram vitamin C. Serta kaya akan air yang membantu ibu menyusui tetap terhidrasi dengan baik.

Simak juga video tips memperbanyak ASI saat sedang menstruasi:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi