sign up SIGN UP search


menyusui

Benar Enggak Sih, Payudara Besar Bisa Produksi Banyak ASI?

Annisa Karnesyia Selasa, 26 May 2020 09:12 WIB
Young mom breast feeding her newborn child. Lactation infant concept. Mother feed her baby son or daughter with breast milk. caption
Jakarta -

Ukuran payudara setiap ibu menyusui dapat berbeda satu sama lain. Lalu, apakah ukuran payudara mempengaruhi jumlah ASI yang dihasilkan?

Dikutip dari Medela, sebenarnya ukuran payudara tidak ada hubungannya dengan produksi ASI. Seorang ibu dengan payudara kecil mungkin memiliki persediaan ASI yang sama dengan payudara besar

Jumlah susu yang dihasilkan biasanya tergantung seberapa banyak Bunda menyusui si kecil. Jadi, semakin banyak anak menyusu, semakin banyak susu yang dihasilkan secara alami.


Menurut perawat anak bersertifikat Donna Murray, RN, BSN, wanita dengan payudara kecil memiliki sedikit jaringan lemak. Sedangkan wanita dengan payudara besar memiliki lebih banyak jaringan lemak.

"Tapi, jaringan lemak tidak menghasilkan ASI. Payudara memiliki jaringan kelenjar dan itulah yang menghasilkan ASI," kata Murray, dilansir Very Well Family, Jumat (22/5/2020).

"Tidak seperti lemak, jumlah jaringan penghasil ASI belum tentu terkait dengan ukuran payudara wanita," sambungnya.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

Lalu bagaimana dengan ibu dengan payudara besar? Benar enggak sih ASI yang dihasilkan banyak?

Wanita dengan payudara besar bisa saja memproduksi ASi dengan jumlah rendah. Hal ini terjadi karena kondisi medis tertentu, seperti polycystic ovarian syndrome (PCOS), obesitas, hipotiroid, dan resistensi insulin. Kondisi-kondisi tersebut dapat memengaruhi produksi ASI.

Namun, di sisi lain, payudara besar memang berpotensi menghasilkan banyak ASI. Sekarang tinggal bagaimana pasokan ASI yang banyak ini tak menimbulkan masalah bagi si ibu.

"Produksi ASI yang terlalu banyak dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri payudara," ujar Murray.

Pembengkakan yang parah dapat membuat payudara keras dan puting rata, sehingga bayi sulit menyusu. Di kecil juga bisa tersedak karena susu terlalu kental atau menjadi rewel, Bunda.

Bunda, simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi