menyusui

Tips Mengatasi Payudara Ibu Menyusui agar Enggak Besar Sebelah

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 10 Sep 2019 18:00 WIB
Tips Mengatasi Payudara Ibu Menyusui agar Enggak Besar Sebelah
Jakarta - Banyak yang bilang menyusui dapat membuat payudara jadi enggak rata dan bahkan besar sebelah. Benar enggak sih, Bun?

Sebagian besar wanita memang pada umumnya memiliki beberapa variasi dalam ukuran payudara mereka, baik ketika mereka sedang menyusui atau tidak.

Menurut pakar laktasi, Pinky McKay, seringkali satu payudara bisa lebih besar dari payudara yang lain, karena satu payudara kemungkinan dapat menghasilkan lebih banyak ASI.


"Bayi secara alami mungkin lebih suka menyusu dari satu payudara ke payudara lain atau mungkin Bunda sendiri kerap mengarahkan mereka ke satu sisi lebih sering karena lebih nyaman. Ketika payudara menghasilkan lebih banyak ASI untuk diisi kembali, payudara itulah yang akan menjadi lebih besar," katanya, seperti dikutip dari Mirror.

Tips Mengatasi Payudara Ibu Menyusui agar Enggak Besar SebelahMengatasi payudara besar sebelah/ Foto: iStock

Tak sedikit bayi yang memang terkadang lebih suka menyusu pada satu sisi payudara saja, daripada payudara yang lain atas berbagai alasan.

Pinky mengidentifikasi aliran ASI yang lebih cepat membuat seorang bayi lebih menyukai menyusu pada satu sisi payudara saja. Sebab, terkadang satu payudara mampu mengeluarkan ASI lebih cepat daripada yang lain.

"Satu payudara mungkin memiliki lebih banyak saluran ASI dan alveoli sehingga menghasilkan volume ASI yang lebih besar. Hal itu mempengaruhi pasokan ASI di payudara tersebut," tambahnya.

Melansir Kid Spot, untuk meminimalisir adanya bentuk payudara besar sebelah, sebaiknya ibu menyusui selalu memulai menyusui di sisi payudara yang lebih kecil karena bayi lebih sering makan dengan lebih bersemangat pada awalnya.

Setelahnya, Bunda dapat mengalihkannya kepada payudara yang lebih besar. Tetapi hati-hati ya, Bun, jangan sampai payudara yang lebih besar semakin membesar karena dapat menyebabkan saluran tersumbat atau infeksi payudara.

Oh ya, Bunda juga dapat menyusui secara normal tetapi memompa ASI pada sisi yang lebih kecil selama 5-10 menit secara ekstra untuk beberapa kali.

Semoga membantu, Bun.

Bunda, simak yuk menu sarapan yang direkomendasikan untuk ibu menyusui!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi