sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, 7 Penyebab Saluran ASI Tersumbat

Yuni Ayu Amida Kamis, 28 May 2020 08:11 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. caption
Jakarta -

Setiap ibu menyusui pastinya ingin memberikan ASI terbaik pada bayinya. Sayangnya, kadang proses menyusui ini tidak selamanya berjalan lancar, Bunda.

Salah satu hal yang kadang mengganggu momen menyusui adalah adanya penyumbatan pada saluran ASI. Dokter laktasi RS Permata, Depok, dr.Asti Praborini, SpA, IBCLC, menjelaskan bahwa sumbatan pada saluran ASI umumnya terjadi karena payudara tertekan oleh suatu benda dalam durasi yang cukup lama. Contohnya pemakaian bra atau pakaian yang terlalu ketat, atau bisa juga karena pengeluaran ASI yang kurang efektif.

"Pengeluaran ASI yang kurang efektif biasanya disebabkan oleh hisapan bayi yang kurang optimal untuk mengosongkan payudara, yang paling sering adalah bayi mempunyai kelainan anatomi pada mulutnya," ujar Asti, dilansir detikcom.


Lebih lanjut, kata Asti, pengeluaran ASI yang tidak efektif juga terjadi jika sebelumnya bayi menggunakan dot atau empeng. Karena dot atau empeng bisa mengubah hisapan bayi.

Nah, lebih lengkapnya berikut ini penyebab saluran ASI tersumbat, dilansir Very Well Family.

1. Kait menyusui yang salah

Jika bayi tidak menempel dengan baik pada payudara, ia mungkin tidak dapat mengeluarkan ASI sebanyak yang ia butuhkan dari payudara. Nah, payudara yang tidak kosong sepenuhnya karena ada ASI yang tertinggal ini yang nantinya menyebabkan saluran ASI tersumbat.

2. Pembengkakan payudara

ASI dapat menumpuk di payudara dan menyumbat saluran ASI jika Bunda tidak cukup sering menyusui, tidak menyusui, atau menunggu terlalu lama di antara waktu menyusui. Pembengkakan payudara juga bisa terjadi ketika bayi mulai tidur sepanjang malam hingga melewati waktu menyusui.

3. Milk blister

Milk blister dapat menyumbat lubang di saluran ASI dan menyebabkan ASI tersumbat dan tersangkut di saluran tempat ASI seharusnya mengalir keluar ke puting susu.

Ibu menyusuiIbu menyusui/ Foto: iStock

4. Pasokan ASI berlebih

Jika tubuh memproduksi terlalu banyak ASI, maka dapat menyebabkan pembengkakan payudara dan saluran ASI pun dapat tersumbat.

5. Tekanan berlebihan pada payudara

Bra yang memiliki kawat, atau bra yang terlalu ketat, dapat memberi tekanan pada jaringan payudara dan menyebabkan saluran ASI tersumbat. Atau hal lainnya yang bisa membuat payudara mengalami tekanan berlebih, juga bisa menjadi penyebab saluran ASI tersumbat.

6. Dehidrasi dan kelelahan

Kurang istirahat dan tidak minum cukup cairan dapat menempatkan Bunda pada risiko lebih besar terkena saluran ASI yang tersumbat.

7. Menyapih

Terlalu cepat menyapih bayi bisa menyebabkan pembengkakan payudara karena ASI yang menumpuk. Ini nantinya bisa menyebabkan saluran ASI tersumbat hingga mastitis.

Simak pula cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi