sign up SIGN UP search


menyusui

5 Perubahan Payudara Ibu Menyusui, Kendur hingga New Normal

Yuni Ayu Amida Minggu, 31 May 2020 09:07 WIB
Little asian boy feeds on mother's breasts milk : Soft focus caption
Jakarta -

Masa menyusui merupakan proses yang membahagiakan bagi seorang ibu. Karena dengan menyusui, ibu dapat mengalirkan kasih sayang lewat ASI pada buah hatinya.

Hanya saja, menyusui ternyata bisa mengubah bentuk payudara Bunda. Perubahan ini kadang kerap membuat wanita jadi tak percaya diri setelah menyusui selesai.

Dikatakan dokter spesialis anak Roy Benaroch, MD, FAAP, saat menyusui, aliranĀ ASI bisa meregangkan kulit dan jaringan di payudara. Setelah ASI tak lagi diproduksi, wajar kalau kulit payudara terlihat meregang. Tapi, Bunda jangan takut dengan perubahan tampilan payudara pasca hamil dan menyusui.


"Dapat dikatakan, perubahan tampilan payudara pasca hamil dan menyusui hanya masalah kosmetik saja dan itu tidak jadi perhatian medis," jelas Benaroch, dilansir Web MD.

Lebih lengkapnya, berikut ini 5 perubahan payudara setelah menyusui, dikutip dari The Bump.

1. Payudara jadi kendur

Payudara, baik secara alami besar atau kecil, akan meregang dan tumbuh selama kehamilan, berkat masuknya hormon dan saluran ASI yang baru diaktifkan. Ini normal, Bunda.

"Banyak wanita melihat ukuran cup payudara mereka meningkat beberapa ukuran selama kehamilan. Perubahan ini jadi lebih jelas saat menyusui karena payudara secara aktif memproduksi ASI," kata Heather Bartos, MD, konsultan laktasi bersertifikat dan ob-gyn yang berbasis di Cross, Roads, Texas, Amerika Serikat (AS).

Masalahnya, begitu kulit, jaringan, dan tendon telah berubah bentuk, kecil kemungkinan payudara kembali seperti sedia kala seperti sebelum hamil dan menyusui. Sebaliknya, payudara mulai terlihat sedikit kendur.

Tentu saja, memiliki payudara kendur setelah menyusui tidak sepenuhnya merupakan kesalahan kehamilan atau menyusui. Faktanya, penuaan, BMI tinggi, ukuran bra, dan riwayat merokok, semuanya sangat memengaruhi potensi bentuk payudara.

Sementara itu, kalau Bunda ingin mencoba mendapatkan bentuk payudara seperti sebelum menyusui, Stephanie Nguyen, RN, konsultan laktasi bersertifikat, menyarankan untuk melakukan latihan yang bisa memperkuat otot dada. Latihan ini bisa membantu payudara terlihat lebih terangkat. Hanya saja, jangan berharap ukuran dan bentuk bisa berubah secara drastis, karena semua butuh proses.

2. Payudara mungkin 'bocor'

Ibu menyusuiIbu menyusui/ Foto: iStock

Payudara bisa mengalami kebocoran saat Bunda berada di masa menyusui. Kebocoran ini biasanya terjadi jika kapasitas payudara penuh dan Bunda melewatkan sesi menyusui, atau bisa pula bocor saat Bunda bergerak terlalu aktif.

Untuk membantu mengatasi masalah bocor ini, Bunda direkomendasikan untuk menggunakan bra olahraga yang sedikit lebih ketat, agar menghindari stimulasi puting yang tidak disengaja.

3. Payudara menyusut

Payudara menjadi lebih besar saat Bunda menyusui, tetapi begitu berhenti dan ASI mengering, payudara akan terlihat agak mengempis. Tapi, bukan artinya payudara kembali seperti sedia kala sebelum menyusui, hanya terlihat sedikit lebih kecil atau menyusut.

4. Stretch marks mungkin memudar

Saat payudara tumbuh selama kehamilan dan menyusui, kulit secara alami mengembang, membuatnya rentan terhadap stretch mark. Faktanya, satu penelitian dalam Journal of American Academy of Dermatology menemukan, 33 persen wanita mengalami stretch mark di payudara mereka selama kehamilan.

Tetapi berita baiknya, tanda peregangan yang biasanya ditandai dengan garis merah atau ungu tersebut akan memudar dalam waktu satu tahun, yang berarti tanda itu mungkin tidak begitu terlihat pada payudara setelah menyusui.

"Banyak wanita menemukan bahwa stretch mark di payudara mereka hampir tidak terlihat begitu mereka berhenti menyusui," kata konsultan laktasi bersertifikat, Stephanie Nguyen, RN.

5. Payudara akan menemukan new normal

Payudara setelah menyusui memang tidak akan kembali seperti bentuk payudara sebelum menyusui. Menurut Nguyen, dibutuhkan sekitar tiga bulan setelah penyapihan penuh untuk payudara membentuk kenormalan baru atau new normal. Tentunya setiap ibu menyusui harus siap dengan hal ini.

Sementara itu, kenormalan baru bentuk payudara ini tidak berarti buruk kok, Bunda. Ibu menyusui hanya perlu membiasakan tubuhnya dengan penampilan payudara yang sudah tidak seperti dulu. Yang terpenting, Bunda harus tetap percaya diri.

"Banggalah dengan payudara Anda, yang telah memberi makan dan memberi kehidupan pada si kecil yang berharga," tegas Nguyen.

Simak juga tips cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi