sign up SIGN UP search


menyusui

Serba-serbi Biskuit Laktasi yang Diklaim Bisa Lancarkan ASI

Kinan Jumat, 29 May 2020 11:05 WIB
Ilustrasi ASI perah caption
Jakarta -

Untuk membantu meningkatkan produksi air susu ibu (ASI), konsumsi pelancar ASI atau ASI booster kini makin populer. Ada produk berupa susu almond, hingga biskuit laktasi atau lactation cookies.

Biskuit ini disebut-sebut mengandung beberapa bahan alami seperti karbohidrat utuh untuk menambah energi dan membantu melancarkan produksi ASI.

"Bahan-bahan ini dianggap sebagai superfood yang bisa memastikan tubuh Bunda mendapatkan cukup gizi untuk produksi ASI. Dalam masa menyusui, tubuh memerlukan ekstra 300-500 kalori per hari," ujar konsultan laktasi Kirby Walter, RD.


Selain itu, biskuit laktasi juga kerap disebut mengandung galaktagog, yang merupakan komponen untuk meningkatkan produksi ASI. Beberapa bahan tersebut misalnya oat, biji rami, dan chia seed.

Disebutkan oleh konsultan laktasi lainnya, Marina Lane, RD, ada pula biskuit laktasi yang mengandung herbal dan rempah-rempah seperti fenugreek dan jahe.

Ilustrasi biskuit laktasiIlustrasi biskuit laktasi. (Foto: iStock)

Apakah ibuĀ menyusui benar-benar membutuhkan biskuit laktasi untuk produksi ASI? Dikutip dari Parents, sebenarnya jika Bunda memenuhi kebutuhan nutrisi dari pola makan sehari-hari, biskuit laktasi tidak mutlak diperlukan, kok.

Hanya saja, nutrisi memang berperan penting dalam proses produksi ASI. Termasuk di antaranya mineral, asam lemak dan fitonutrien. Jika nutrisi ini tidak dipenuhi dari menu makanan sehari-hari, Bunda bisa mengonsumsi biskuit laktasi sebagai asupan nutrisi tambahan.

Tapi ingat ya, biskuit laktasi digunakan hanya sebagai pelengkap, bukan menu utama untuk produksi ASI.

Jadi, masih dibutuhkan lebih banyak studi berkaitan dengan biskuit laktasi. Namun untuk tujuan membantu melengkapi kebutuhan nutrisi Bunda saat menyusui, tak ada salahnya kok untuk dikonsumsi. Selamat mencoba, Bunda!

Bunda bisa simak juga dalam video berikut, tipsĀ meningkatkan produksi ASI:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi