sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Pijat Laktasi Bisa Lancarkan Produksi ASI? Cek Faktanya Bunda

Kinan Kamis, 28 May 2020 14:52 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. caption
Jakarta -

Ada beberapa masalah yang kerap dialami oleh ibu menyusui, mulai dari saluran air susu ibu (ASI) yang tersumbat hingga pembengkakan payudara.

Trik ampuh yang diyakini mampu mengatasi tersebut salah satunya pijat laktasi atau lactation massage. Pijatan ini dilakukan dengan menggunakan teknik pijatan dasar selama menyusui untuk menjaga ASI mengalir lebih lancar.

"Untuk seorang ibu yang menyusui tanpa kesulitan, tidak ada indikasi pasti untuk pijat laktasi. Tapi dalam kasus di mana seorang ibu memiliki masalah saluran ASI tersumbat atau mastitis, maka pijat laktasi mungkin bermanfaat," ungkap dokter kandungan Natasha Chinn, FACOG, MD.


Chinn mencatat bahwa memijat saluran ASI yang tersumbat atau bagian payudara yang mengeras dapat meredakan rasa sakit. Selain itu, pijatan juga membantu melonggarkan sumbatan dengan di bagian payudara yang terkena dampak.

Selain itu, pijat laktasi juga terbukti bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI dan memberikan rasa nyaman pada ibu.

Ilustrasi produksi ASIIlustrasi produksi ASI. (Foto: Thinkstock)

Dilansir Parents, bidan sekaligus spesialis laktasi, Amelia Henning, pijat laktasi pun ada baiknya dilakukan secara rutin saat masa menyusui.

"Pijat laktasi mungkin bisa menjadi kunci keberhasilan menyusui atau memompa ASI secara ekstensif. Ini juga mungkin bermanfaat bagi ibu menyusui yang kesulitan untuk mengosongkan payudara selama sesi menyusui," imbuh Henning.

Apapun alasan Bunda menggunakan pijat laktasi, ingatlah bahwa kuncinya adalah rasa nyaman. Hentikan jika justru terasa nyeri atau meninggalkan bekas merah. Pijatan terlalu kuat justru bisa menyebabkan kerusakan jaringan kecil di payudara.

Simak juga Bunda, pijat untuk menghilangkan migrain:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi