sign up SIGN UP search


menyusui

5 Makanan Ini Ampuh Bikin ASI Jadi Lebih Kental, Bayi pun Cepat Kenyang, Bun!

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 08 Jan 2022 08:15 WIB
Ilustrasi ibu menyusui atau menggendong bayi Ilustrasi ibu menyusui/Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

Jakarta - ASI yang encer memang bisa membuat bayi tak lekas kenyang. Alhasil, Si Kecil pun terus menyusu karena merasa masih lapar. Saat memompa ASI, mungkin Bunda menyadari bahwa warna dan kekentalan ASI tidaklah selalu sama. Adakalanya encer dan kemudian putih kental. 

Ya, hal ini memang bisa dipengaruhi karena berbagai hal ya, Bunda. ASI yang kental biasanya memang mengandung banyak lemak dan memenuhi kebutuhan gizi bayi dengan baik. 

Dan perlu Bunda tahu bahwa payudara penuh tidaklah selalu menandakan bahwa ASI yang berada di dalamnya kaya lemak ya, Bunda. Melansir Parenting First Cry, payudara kosong ternyata lebih kaya lemak daripada payudara penuh.


Ini karena ketika Bunda mulai menyusui, foremilk yang menjadi ASI yang pertama keluar dan kaya protein, air, dan sebagainya memiliki kandungan lemak yang rendah.

Sementara itu, hindmilk yang keluar kemudian, jauh lebih kaya lemak. Karena itu, kandungan lemak dalam ASI tidak akan sama setiap kali menyusui dan berbeda saat menyusui terakhir kali.

Selain itu, kandungan lemak yang ada dalam ASI sebanding dengan berapa kali Bunda memberikan makan pada bayi. Ketika Bunda menyusui anak lebih cepat daripada ASI yang akan diisi ulang, bayi mungkin lebih mendapatkan hindmilk yang memiliki kandungan lemak yang relatif lebih banyak daripada foremilk.

Banner Basic Skincare untuk Kulit GlowingBanner Basic Skincare untuk Kulit Glowing/ Foto: HaiBunda/Mia

Dan, kandungan lemak dalam ASI setiap harinya sangatlah bervariasi ya, Bunda. Ini karena waktu pengisian ASI berbeda pada setiap Bunda. Beberapa Bunda memiliki payudara yang penuh di pagi hari dan beberapa lainnya tidak. Sehingga, Bunda dapat memutuskan waktu terbaik untuk memberikan makan pada bayi.

Untuk mendukung ASI yang penuh lemak, Bunda memang perlu mengonsumsi menu seimbang setiap harinya. Makanan pengental ASI pun diperlukan ya, Bunda, untuk menghasilkan ASI berkualitas.

"Nutrisi yang baik saat menyusui akan membantu meningkatkan suplai ASI dan memberikan lebih banyak energi dan membantu menurunkan berat badan," ujar Lois Sommers, RN, IBCLC, seorang konsultan laktasi seperti dikutip dari laman Sanfordhealth.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang bila Bunda merasa kualitas ASI kurang baik, ini penjelasan konselor laktasi.

[Gambas:Video Haibunda]



5 MAKANAN PENGENTAL ASI BIKIN BAYI JADI CEPAT KENYANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!