sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, Serba-serbi Oatmeal untuk Bantu Tingkatkan Produksi ASI

Kinan Kamis, 18 Jun 2020 15:33 WIB
Beautiful mom lying at the back of the baby while the infant is sleeping on the white bed. Asian mother looking at the baby which is her child with love and care. caption
Jakarta -

Bagi Bunda yang saat ini sedang menyusui, pemilihan sumber nutrisi yang tepat menjadi kunci penting menjaga produksi air susu ibu (ASI). Salah satu asupan ideal untuk ibu menyusui yakni oatmeal.

Dikutip dari Very Well Family, oatmeal merupakan produk biji-bijian yang populer di kalangan ibu menyusui. Ini karena kandungan nutrisinya yang lengkap.

"Oatmeal mengandung protein, vitamin, dan mineral. Mereka juga kaya akan zat besi, seng, mangan, dan kalsium. Bahkan bahan ini menjadi sumber serat larut yang sangat baik," ungkap Donna Murray, RN, BSN.


Jika Bunda kerap merasa lelah dan tidak mood saat menyusui, konsumsi oatmeal juga bisa dilakukan karena kandungan vitamin B di dalamnya memiliki efek positif untuk masalah tersebut.

"Oatmeal juga mengandung saponin. Saponin adalah zat yang berpotensi memiliki efek positif pada hormon produksi ASI," imbuh Murray.

Dalam oatmeal, terdapat pula komponen pembentuk estrogen dan beta-glukan. Kombinasi keduanya bermanfaat bagi stimulasi kelenjar susu dan produksi ASI yang lebih banyak.

Seperti diketahui, beta-glukan merupakan jenis serat yang dianggap dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin pada ibu menyusui. Kadar prolaktin yang lebih tinggi secara ilmiah dapat memiliki efek positif pada produksi ASI.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Bunda bisa mengonsumsi oatmeal dalam beberapa cara. Mulai dari dibuat menjadi bubur sampai ngemil oat bar yang dijual di pasaran.

Ingat ya, agar kandungan nutrisinya terjaga, lebih baik pilih oatmeal yang dimasak terlebih dahulu dibandingkan oatmeal instan.

Healthy breakfast Organic oat flakes in a wooden bowl Grey textile background Top view Copy spaceBunda Perlu Tahu, Serba-serbi Oatmeal untuk Bantu Tingkatkan Produksi ASI. (Foto: iStock)

Selain bisa dimanfaatkan sebagai penambah produksi ASI, oatmeal juga memiliki banyak nutrisi lain bagi kesehatan. Beberapa di antaranya yakni menurunkan kolesterol, menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga gula darah dan menjaga kesehatan pencernaan.

Yang terpenting, jangan lupa juga untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian dari menu lain agar lebih optimal. Misalnya dari sayuran, buah, serta susu. Sesuaikan juga dengan camilan agar manfaatnya bisa lebih terasa.

Demikian beberapa manfaat oatmeal bagi ibu menyusui. Nah, sudah makan oatmeal belum hari ini, Bunda?

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi