sign up SIGN UP search


menyusui

4 Tips Atasi Bayi Suka Memainkan Puting Susu, Ibu Menyusui Perlu Tahu

Yuni Ayu Amida Sabtu, 30 May 2020 16:52 WIB
Young mother, breastfeeding on sunset on quiet evening her little baby boy in sunny living room caption
Jakarta -

Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan bayi saat menyusui adalah tangannya memainkan puting ibunya. Lalu bagaimana cara mengatasi hal seperti ini ya, Bunda?

Dijelaskan dr. Kathleen Berchelmann, kebiasaan memainkan puting yang dilakukan bayi biasanya karena ia merasa nyaman saat memelintir, mengotak-ngatik, atau menggerakkan sesuatu dengan tangan bebas mereka saat menyusui.

"Bermain dengan payudara lain juga bisa jadi cara yang nyaman bagi bayi untuk tetap fokus dan menyusui lebih lama dan lebih tenang," kata Berchelmann, dilansir Kelly Mom.


Meski memainkan puting ada manfaatnya, tapi bagi kebanyakan ibu, hal ini bisa jadi tidak nyaman dan menyakitkan. Ini juga kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Kata Berchemann bahkan banyak balita terus memutar puting susu ibunya setelah disapih.

Konsultan laktasi Kelly Bonyata mengatakan, itu sebabnya perlu untuk mendorong perilaku menyusui yang baik dan mencegah perilaku yang tidak diinginkan sejak dini. Tujuannya untuk menghindari hal seperti memainkan puting ini terjadi.

"Jika Anda memperhatikan bahwa bayi Anda menjangkau ke arah payudara Anda, temukan cara untuk mengalihkan tangan mereka. Tawarkan selimut, mainan kecil, atau jari Anda sebagai gantinya," jelas Bonyata.

Jika Bunda ingin mencoba mengatasi hal tersebut, bisa lakukan beberapa cara ini, dikutip dari Children SMD.

1. Berikan bayi sesuatu selain puting susu

Ada banyak alternatif yang bisa bayi pegang saat menyusu, salah satunya mainan kalung menyusui. Bunda bisa mengenakan kalung menyusui yang terbuat dari manik-manik besar, kain yang dikepang, ataupun berbagai tekstur lain, yang biasanya menarik mata bayi. Atau sediakan mainan kecil yang bisa digenggam bayi.

2. Pegang tangan bayi

Ibu menyusuiIbu menyusui/ Foto: iStock

Pegang tangan kecil bayi Bunda, buat kontak mata, dan bicara atau bernyanyi untuknya. Pengalihan seperti ini akan menjauhkan tangan bayi dari puting susu Bunda.

3. Gunakan bra yang rumit

Bra olahraga yang bagus atau kamisol ketat bisa menjauhkan tangan bayi dari baju Bunda. Ini juga bisa membuat bayi merasa kesulitan untuk menyentuh puting. Tapi, bersiaplah untuk mengalihkan perhatian saat bayi mulai ingin menjangkau puting susu Bunda.

4. Pegang puting

Terkadang, satu-satunya cara untuk melepaskan tangan kecil bayi dari puting Bunda adalah dengan memegang puting kita sendiri, baik di dalam pakaian atau dari luar. Si kecil mungkin akan kesal karena Bunda jelas-jelas menghambat aksesnya ke puting susu, tetapi dalam beberapa saat, ia akan tenang denganĀ menyusui.

Simak juga cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi