sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, 5 Manfaat Menyusui bagi Kesehatan

Kinan Rabu, 03 Jun 2020 17:09 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Bagi bayi, air susu ibu (ASI) merupakan sumber asupan nutrisi yang paling bermanfaat dan dianjurkan. Ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh bayi yang mendapatkan ASI.

Namun selain itu, menyusui juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Bunda. Nah, apa saja manfaat menyusui bagi Bunda? Berikut rangkumannya seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Membantu menurunkan berat badan


Proses produksi ASI dalam tubuh Bunda membakar ekstra 300 - 500 kalori per hari. Oleh sebab itu, ibu menyusui cenderung lebih mudah menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Menurut ahli gizi bayi Ruth A. Lawrence, MD, ASI mengandung 20 kalori per 30 ml. "Jika ibu memberi 600 ml ASI sehari, maka tubuh ibu membakar sekitar 400 kalori," kata Lawrence seperti dikutip dari Parents.

2. Mengurangi risiko osteoporosis

Lawrence juga menyebutkan bahwa wanita yang menyusui memiliki risiko lebih rendah terkena osteoporosis pascamenopause.

"Ketika seorang wanita hamil dan menyusui, tubuhnya menyerap kalsium jauh lebih efisien," imbuhnya.

3. Menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium

Ilustrasi manfaat menyusuiIlustrasi manfaat menyusui. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio)

Studi menunjukkan bahwa wanita yang aktif menyusui memiliki risiko lebih kecil terkena kanker, di antaranya kanker payudara dan kanker ovarium.

Dilansir What to Expect, beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko kanker rahim dan rheumatoid arthritis di kemudian hari.

4. Mempercepat proses pemulihan pascapersalinan

Pelepasan hormon oksitosin saat bayi menyusu secara alami membantu rahim berkontraksi dan mempercepat pemulihan. Selain itu, menyusui akan membantu rahim Bunda kembali ke ukuran normal lebih cepat.

Jika umumnya proses pemulihan rahim ini membutuhkan waktu sekitar 10 minggu, saat aktif menyusui proses ini bisa jadi lebih cepat yakni 6 minggu.

5. Meningkatkan bonding dengan bayi

Sebagian besar ibu menganggap ini merupakan manfaat terbesar dari menyusui. Ya, menyusui bisa menjadi momen yang paling istimewa bagi Bunda dan juga si kecil.

"Sangat melegakan bagi ibu baru untuk dapat melihat bayinya tumbuh dan berkembang optimal dengan pemberian ASI," ujar Lawrence.

Simak juga tips mengatasi lecet saat menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi