sign up SIGN UP search


menyusui

Serba-serbi Prolaktin: Hormon yang Dibutuhkan untuk Produksi ASI

Kinan Senin, 08 Jun 2020 08:35 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Demi kelancaran produksi air susu ibu (ASI), tubuh memerlukan adanya hormon prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang dibuat di kelenjar hipofisis pada otak dan memiliki banyak fungsi dalam tubuh manusia.

Salah satu manfaatnya yang paling dikenal yakni sebagai hormon menyusui karena berperan untuk proses produksi ASI.

Dikutip dari Very Well Family, selama kehamilan prolaktin mempersiapkan payudara untuk memulai produksi ASI. Namun, tingginya kadar estrogen dan progesteron yang diproduksi oleh plasenta, seringkali menghambat prolaktin membuat ASI dalam jumlah besar pada waktu tersebut.


Setelah Bunda melahirkan, kadar estrogen dan progesteron turun. Nah, penurunan dua hormon ini membuat prolaktin naik dan memberi sinyal kelenjar payudara untuk membuat ASI.

Kenaikan kadar prolaktin mampu memulai produksi ASI, tetapi untuk mempertahankan produksi ASI maka Bunda tetap perlu menyusui atau memompa ASI sesering mungkin.

Ya, saat Bunda menyusui atau memompa ASI, saraf-saraf di payudara mengirimkan sinyal ke otak untuk melepaskan hormon oksitosin dan prolaktin. Prolaktin pun memproses kelenjar susu di payudara untuk memproduksi lebih banyak ASI.

ilustrasi menyusuiIlustrasi menyusui. (Foto: thinkstock)

Nah, bagaimana ya cara meningkatkan kadar prolaktin? Seperti disebutkan sebelumnya, cara terbaik untuk meningkatkan kadar prolaktin adalah dengan menyusui atau memompa sesering mungkin. Demikian dilansir Parents.

Menurut konselor laktasi, Wendy, IBCLC, jika Bunda memiliki masalah pada suplai ASI yang sedikit, cobalah untuk menyeimbangkan pemberian ASI selama malam dan siang hari.

"Keteraturan ini akan membuat jadwal menyusui jadi secara alami bertambah. Hal yang sama berlaku untuk ibu yang perlu memompa ASI karena alasan apa pun. Lakukan jadwal pompa rutin di siang dan malam hari guna menjaga keseimbangan produksi ASI," ujar Wendy.

Simak juga tips mengatasi lecet saat menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi