sign up SIGN UP search


menyusui

3 Bahan Alami Asli Indonesia yang Bisa Dijadikan ASI Booster

Annisa Karnesyia Rabu, 22 Apr 2020 14:22 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. caption
Jakarta - Menyusui eksklusif sangat dianjurkan untuk dilakukan seorang ibu. Hal ini bertujuan untuk memenuhi asupan gizi si kecil di 1000 hari pertama kehidupannya, Bun.

Menurut konselor ASI dr.Ameetha Drupadi CIMI, 1000 hari pertama kehidupan anak penting diperhatikan untuk mencegah stunting. Inilah sebabnya, seorang ibu harus mendapatkan asupan makanan bergizi selama hamil sampai melahirkan.


"Karena menjadi tahapan penting dalam kehidupan, maka WHO (Badan Kesehatan Dunia) dan UNICEF (United Nations Children's Fund) merekomendasikan inisiasi menyusui dini pada satu jam pertama setelah lahir, ibu harus menyusui eksklusif dengan tidak memberikan makanan dan minuman apapun termasuk air putih, menyusui sesuai keinginan bayi, serta menghindari penggunaan botol, dot, dan empeng," ujar Ameeta dalam acara Launching Herba ASIMOR: Mamsi Kartiniku #DiRumahAja via YouTube, Selasa (21/4/2020).


Salah satu persiapan ibu dalam menyusui adalah mengonsumsi makanan atau bahan alami yang diyakini bisa menjadi ASI booster. Dijelaskan Direktur Eksekutif Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences Dr. Raymond R. Tjandrawinata, ada tiga bahan alami asli Indonesia yang bisa membantu merangsang produksi ASI nih, Bun.

"Semuanya ini secara empiris sudah diteliti dan punya manfaat bagi peningkatan ASI," ujar Raymond.

Daun KatukDaun Katuk/ Foto: Thinkstock


Simak ulasan lebih lengkapnya sebagai berikut:

1. Daun katuk

Menurutnya, daun katuk berguna untuk meningkatkan produktivitas kemurnian dan aktivitas biologis peningkatan ASI. Dalam penelitian yang dilakukan Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences, ditemukan bahwa daun katuk memberikan peningkatan signifikan dalam ekspresi prolaktin dan oksitosin.

2. Ikan gabus

Sama seperti daun katuk, di dalam ikan gabus mengandung bahan yang bisa meningkatkan prolaktin dan oksitosin yang bagus untuk ibu menyusui.

Kedua hormon tersebut memang berperan penting dalam proses menyusui sehingga dapat meningkatkan ASI. Selain itu, ikan gabus juga membantu mempercepat penyembuhan luka bekas operasi caesar.

"Kandungan dalam ikan gabus ini malah bisa meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin, sehingga produksi ASI bisa meningkat dan mempercepat proses penyembuhan setelah operasi caesar dan pemulihan pasca operasi," pungkasnya.


3. Daun torbangun

Tak jauh berbeda dari daun katuk, daun torbangun yang banyak ditemukan di Sumatera Utara sangat populer untuk meningkatkan produksi ASI. Daun ini mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin dan meningkatkan aktivitas sel epitel dan metabolisme kelenjar susu, sehingga ASI bisa meningkat 65 persen tanpa mengubah kualitas gizi susu.

"Kombinasi daun katuk dan daun torbangun ini mengandung galatonol yang terbukti bisa merangsang produksi ASI," ujar Raymond.

Semoga membantu ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi