sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, Tips Memompa ASI untuk Kebutuhan Nutrisi Bayi Prematur

Kinan Jumat, 19 Jun 2020 10:24 WIB
A woman holds in her arms her newborn baby caption
Jakarta -

Bayi baru lahir dengan usia kehamilan yang sesuai biasanya akan lebih mudah mendapatkan nutrisi melalui menyusui langsung. Namun tidak bagi bayi prematur.

Adanya beberapa faktor lain bisa membuat ibu dari bayi prematur mungkin perlu lebih aktif memompa ASI-nya untuk diberikan. Misalnya karena bayi berada dalam perawatan ruang NICU atau neonatal intensive care unit.

Dikutip dari Very Well Family, bayi prematur umumnya memiliki tubuh yang lebih kecil dan rentan sehingga sulit untuk menyusui secara langsung. Selain itu, ASI ibu dari bayi prematur memiliki komposisi berbeda dan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.


Rutin memompa ASI pun selain bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi prematur, juga memastikan suplai tetap terjaga.

"Untuk menjaga produksi ASI saat memompa untuk bayi prematur, ibu perlu memastikan frekuensinya teratur dan cukup sering. Cara efektifnya dengan meniru pola minum bayi baru lahir. Paling tidak ibu harus memompa ASI sekitar 8 hingga 10 kali per hari atau setiap 2 hingga 3 jam," ujar konselor Cheryl Bird, RN, BSN.

Jadi, misalnya Bunda memompa mulai pada pukul 8 pagi, lakukan sesi berikutnya di pukul 10, 12 dan seterusnya. Lakukan secara teratur dan jika perlu buat catatan jadwal supaya tidak terlewat.

Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, SerbiaIlustrasi menyusui. (Foto: iStock)

Nantinya apabila pasokan ASI sudah terasa cukup, Bunda dapat mengurangi jadwal pompa. Tapi ingatlah setidaknya lakukan pemompaan 7 kali per 24 jam, atau setiap 3 hingga 4 jam sepanjang hari.

"Jika persediaan ASI mulai berkurang atau ketika bayi mulai minum lebih banyak, tingkatkan sesi pemompaan kembali menjadi 8 hingga 10 kali sehari untuk menambah suplai," pesan Bird.

Saat memompa, pastikan lakukan minimal 15 menit per sesi. Lebih mudahnya, lakukan pemompaan sampai payudara terasa benar-benar sudah kosong. Jangan lupa tetap konsumsi makanan dan minuman bergizi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh Bunda.

Jika perlu, konsumsi juga ASI booster yang dirasakan cocok, ya. Bisa berupa biskuit, teh, atau yang alami seperti sayur daun katuk. Selamat mencoba, Bunda.

Simak juga nutrisi apa yang dibutuhkan oleh anak prematur dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi