sign up SIGN UP search


menyusui

4 Tips Menggunakan Cup Feeder ASI agar Bayi Tak Tersedak

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 17 Dec 2021 07:06 WIB
bayi minum asi perah dari cup feeder caption

Jakarta - Saat tak bisa menyusui secara langsung, para Bunda biasanya memilih menggunakan botol susu dalam pemberian ASI. Padahal, selain botol susu yang kerap membuat bayi bingung puting, Bunda bisa memanfaatkan cup feeder ASI yang lebih memudahkan lho, Bunda.

Memang, kelihatannya mungkin akan lebih merepotkan karena Bunda merasa cup feeder ASI membuat susu jadi tumpah ke mana-mana saat bayi meminumnya. Tetapi, kenyataannya cup feeder ASI justru memudahkan kok, Bunda, saat memberikan ASI pada Si Kecil.

"Jika Bunda memberi ASI pada tahun pertama terutama yang biasanya terlalu nyaman dengan botol dan menggunakan cup feeder ASI, mungkin terkadang sulit bagi bayi dan menyebabkan tumpah," kata Dr Randy Thornton, M.D, dokter anak di Jacsonville Pediatrics and Wolfson Children Hospital, seperti dikutip dari laman Romper.


Biasanya, bayi dapat minum ASI dari cup feeder sekitar usia 3 bulan. Ini merupakan pilihan yang baik untuk dicoba jika bayi tidak mau minum dari botol ASI. 

Banner Resep Masakan Rp20 ribuBanner Resep Masakan Rp20 ribu/ Foto: HaiBunda/Mia

Pemberian ASI menggunakan cup feeder merupakan metode yang dapat digunakan untuk pilihan pemberian makan pada beberapa kondisi di bawah ini:

  • Bayi prematur dan belum bisa menyusu,
  • Bayi yang sementara tidak dapat menyusu karena berpisah dengan ibunya,
  • Bayi yang sedang sakit,
  • Saat ibu harus beristirahat karena alasan tertentu. 

Dan, penggunaan cup feeder ASI sendiri sangatlah penting ya, Bunda untuk menghindari penggunaan botol yang dapat menyebabkan bingung puting. Memang, di awal-awal Bunda akan merasakan cup feeder ASI sedikit menakutkan karena tak sesederhana botol yang memiliki dot saat masuk ke mulut.

Tetapi, sesungguhnya cup feeder ASI merupakan pilihan sederhana yang dapat digunakan saat memberikan ASI, menurut WHO. Karena, penggunaan cup feeder sangatlah simpel dan lebih mudah dibersihkan serta disterilkan daripada botol.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 4 sayuran yang bisa bikin Bunda banjir ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



4 TIPS MENGGUNAKAN CUP FEEDER ASI AGAR BAYI TAK TERSEDAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!