sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Aman Menyusui Bayi Prematur agar Mendapat Cukup ASI

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 27 Jun 2020 19:18 WIB
Love and motherhood caption
Jakarta -

Menyusui bayi prematur sedikit berbeda dari anak-anak baru lahir pada umumnya. Bunda juga dituntut untuk lebih telaten dan sabar nih, karena menyusui bayi prematur jadi tantangan tersendiri.

Melansir Raising Children, jika Bunda melahirkan bayi prematur, ASI mungkin akan sedikit berbeda. Ini dikarenakan kebutuhan bayi Bunda juga berbeda dari kebutuhan anak yang lahir cukup bulan.

Perlu Bunda tahu bahwa bayi prematur membutuhkan lebih banyak protein untuk pertumbuhannya, dibanding mereka yang cukup bulan. Sehingga kolostrum Bunda akan memiliki lebih banyak protein daripada ibu menyusui yang anak lahir cukup bulan.


Selain itu, ASI Bunda juga akan memiliki lebih banyak enzim yang disebut lisozim. Lisozim menyerang bakteri tertentu dan membantu melindungi bayi Bunda dari infeksi. ASI Bunda juga akan memiliki lebih banyak lemak, serta lebih sedikit laktosa karena bayi prematur kesulitan mencerna laktosa.

Beautiful mom lying at the back of the baby while the infant is sleeping on the white bed. Asian mother looking at the baby which is her child with love and care.Menyusui bayi prematur/ Foto: iStock

Lantas, bagaimana memberikan ASI untuk bayi prematur yang efektif ya, Bunda?

Nah, jika bayi prematur Bunda berusia 34 minggu atau lebih, mereka dapat menyusu ASI dari payudara. Tetapi, jika bayi Bunda lebih muda dari usia itu, mungkin perlu beberapa minggu sebelum ia biasa menyusu sepenuhnya.

Selama masa ini, bayi Bunda bisa minum ASI melalui selang yang mengalir dari hidungnya ke tenggorokan lalu ke perutnya atau dengan botol ataupun cangkir. Atau, Bunda juga dapat menggunakan nipple shield (pelindung puting).

"Bayi prematur memiliki tekanan mengisap intra-oral yang belum matang sehingga dapat mengurangi ASI yang mereka dapatkan saat menyusui. Untuk bayi prematur, pelindung puting dapat membantu menempel pada payudara dan dapat meningkatkan jumlah ASI yang didapat," ujar Renee Kam, seorang konsultan laktasi dikutip dari Bellybelly.

Oh ya, Bunda juga harus mengoptimalkan posisi bayi dan payudara untuk membantu menyusu dengan lebih baik. Misalnya saja dengan menopang di atas bantal akan bekerja lebih baik bagi Bunda dan juga si kecil.

Atau, Bunda juga dapat menggendong bayi di depan dalam posisi memeluk di mana dapat mengoptimalkan pemberian ASI selama menyusui. Dalam posisi ini, Bunda dapat memegang bayi dengan erat, dari dada ke dada, dan dukunglah bayi di sepanjang lengan bawah, menopang leher dan tulang belikatnya dengan pergelangan tangan.

Selamat mencoba ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk cara membersihkan lidah putih pada bayi seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi