sign up SIGN UP search


menyusui

ASI untuk Bayi Prematur Ternyata Mengandung Lebih Banyak Protein dan Mineral

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 31 Jul 2022 07:10 WIB
Cute newborn baby boy sleeping peacefully lying in bed at home caption
Jakarta -

Memberikan ASI kepada bayi prematur tentunya berbeda dan tidak mudah ya Bunda. Apalagi, bayi prematur tidak selalu dapat menyusu secara efektif. Sehingga, ibu yang memberikan ASI bayi prematur perlu sering memompa ASI untuk dapat diberikan pada bayinya.

Ya, memberikan ASI bayi prematur mungkin merupakan tantangan tersendiri. Sehingga, ibu menyusui perlu bekerja ekstra untuk memberikan ASI bayi prematur.

Salah satunya dengan rutin memerah ASI segera setelah melahirkan. Karena, biasanya bayi tidak dapat menyusu pada awalnya. Dan, pemberian ASI perah sangatlah disarankan untuk kondisi di awal.


Ketika bayi mulai stabil, Bunda dapat memberikan ASI kepada bayi prematur melalui selang atau membiarkan mereka menyesap ASI dari cangkir atau botol kecil.

Bagaimanapun cara yang Bunda pilih dalam memberikan ASI bayi prematur, hal tersebut tidaklah masalah.

Terpenting, Bunda senantiasa memberikan ASI secara rutin karena ASI memberikan nutrisi terbaik yang dapat membuat perbedaan besar pada bayi prematur, seperti dikutip dari laman Healthychildren.

ASI bayi prematur lebih tinggi protein dan mineral

Bunda juga tidak perlu khawatir karena biasanya ibu dari bayi prematur menghasilkan ASI yang komposisinya sedikit berbeda. Setidaknya, hal ini akan berlangsung untuk beberapa minggu pertama. Perbedaan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus bayi.

Apalagi, ASI prematur lebih tinggi protein dan mineral seperti garam, dan mengandung berbagai jenis lemak yang mudah dicerna dan diserap bayi.

Lemak dalam ASI membantu meningkatkan perkembangan otak bayi dan jaringan saraf yang sangat peting untuk bayi prematur. ASI juga lebih mudah dicerna daripada susu formula.

Ini juga menghindari mengekspos lapisan usus bayi yang belu matang ke protein susu sapi yang ditemukan dalam susu formula yang dibuat untuk bayi prematur.

Bayi prematur yang diberi ASI lebih kecil kemungkinannya mengalami infeksi usus jika dibandingkan bayi yang diberi susu formula. ASI yang dihasilkan dalam beberapa hari pertama untuk mengandung konsentrasi antibodi yang tinggi untuk membantu bayi melawan infeksi.

Bahkan, jika bayi belum bisa menyusu, memerah ASI sejak awal dapat memastikan suplai ASI busui terjaga sampai bayi bisa menyusu dengan baik.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 tips menyusui bayi prematur.

[Gambas:Video Haibunda]



MEMBERIKAN ASI BAYI PREMATUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!