sign up SIGN UP search


menyusui

Amankah Ibu Menyusui Mengonsumsi Paracetamol?

Haikal Luthfi Jumat, 03 Jul 2020 14:45 WIB
Portrait of happy young mother holding newborn baby, isolated on white background caption
Jakarta -

Bunda, tidak ada yang mengharapkan jatuh sakit. Bahkan, hal tersebut akan menjadi masalah bagi wanita yang sedang menyusui bayinya.

Terkadang, ibu menyusui perlu mengonsumsi obat untuk meredakan rasa sakit. Namun, perlu Bunda ketahui bahwa ada obat tertentu yang aman dikonsumsi saat menyusui.

Pasalnya, ketika menyusui, apa yang dikonsumsi ibu akan ditransfer ke ASI. Sehingga dikhawatirkan akan memberi efek pada si kecil.


Meski demikian, salah satu obat yang dianggap aman untuk ibu menyusui adalah paracetamol. Obat ini cukup banyak digunakan oleh masyarakat karena relatif mudah didapatkan di apotek terdekat. Biasanya obat ini digunakan untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala, serta demam.

ilustrasi minum obatIlustrasi minum obat/ Foto: iStock

Menurut Gail Johnson, Guru Kebidanan di Royal College of Midwives seperti yang dikutip dari Made For Mums, paracetamol dianggap sebagai penghilang rasa sakit 'utama' untuk ibu menyusui. Paracetamol adalah pilihan pertama penghilang rasa sakit ketika menyusui.

Di samping itu, jumlah yang terserap dalam ASI sangat minim. Karena itu, memungkinkan tidak akan membahayakan bayi.

Meskipun tergolong aman, tidak dianjurkan mengonsumsi paracetamol dalam obat yang kandunganya bercampur dengan berbagai macam kombinasi zat aktif.

Mengutip 'Buku Obat Sehari-hari', biasanya sering dijumpai pada obat flu dan obat batuk berisi campuran paracetamol, dekstrometorfan, pseudoefedrin, CTM, dan gliseril guaiakolat (GG). Nah, ibu menyusui disarankan untuk menghindarinya. Adapun paracetamol yang dianjurkan adalah yang komposisi tunggal.

Mulai sekarang, selalu periksa komposisi obat paracetamol yang akan dikonsumsi, ya Bunda. Bunda bisa mengetahui komposisinya pada kemasan atau brosurnya.

Simak juga Bunda, tips memberi obat pada bayi pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



 

(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi