sign up SIGN UP search


menyusui

Bisa Memperlancar ASI, Ternyata Daun Katuk Bagus untuk Ibu Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 22 Jul 2020 16:48 WIB
asian, cooked, crisp, cuisine, dish, food, fried, garlic, gourmet, green, meal, meat, sauce, spicy, stir, stir-fry, vegetable,thai,thai food,Sauropus androgynus caption
Jakarta -

Tahukah Bunda, ragam sayuran hijau bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Salah satunya yang sering dijadikan andalan adalah daun katuk.

Sudah bukan rahasia kalau ibu menyusui disarankan untuk makan daun katuk. Bahkan, beberapa di antaranya sampai mengonsumsi ASI booster yang terbuat dari daun katuk nih.

Daun katuk atau dalam bahasa Latin bernama sauropus androgynus merupakan sayuran daun yang tumbuh di Asia Tenggara.


"Daun katuk ini dianggap baik untuk wanita hamil serta ibu menyusui untuk memperlancar ASI," ujar Dr Heben seperti dikutip dari laman Drhealthbenefits.

Bahkan, banyak pula produk susu yang memasukkan daun katuk sebagai bahan utamanya. Susu ini bisanya untuk membantu para ibu menyusui meningkatkan produksi ASI.

Sauropus androgynus, also known as katuk, star gooseberry, or sweet leaf, is a shrub grown in some tropical regions as a leaf vegetable.Daun katuk lancarkan ASI/ Foto: Thinkstock

Daun katuk sendiri diketahui mengandung nutrisi yang tinggi. Daun ini mengandung hampir 8 persen protein, serat kasar hingga 20 persen, kayak vitamin K, mengandung pro-vitamin A (beta karoten), vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, kalium, fosfor dan magnesium.

Selain itu, daun katuk juga mengandung zat yang berguna bagi tubuh. Peneliti juga menemukan bahwa daun katuk mengandung efedrin yang sangat efektif mengobati influenza. Dan, tentunya daun katuk pun sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Para peneliti berspekulasi bahwa kandungan kimia yang terkandung dalam katuk adalah sterol yang memiliki sifat estrogenik. Dimana dapat memberikan efek hormonal yang memicu produksi ASI sehingga volume susu menjadi melimpah. Tak mengherankan, daun katuk pun bisa bantu melancarkan ASI.

Melansir dari Herbsmedicine, keuntungan mengonsumsi daun katuk memang tak diragukan lagi. Daun katuk dipercaya menjadi ASI booster yang efektif. Tanaman hijau dengan daun kecil ini sangatlah efektif membantu meningkatkan produksi ASI serta meningkatkan kenyamanan pada busui. Apalagi, daun katuk sendiri kaya akan kandungan yang sangat baik untuk Bunda dan juga bayi.

Seperti diketahui, daun katuk kaya akan sumber vitamin A, B, dan C. Kandungan kalori, protein dan karbohidrat dalam daun katuk pun bisa dibilang mirip dengan keunggulan daun pepaya dan daun singkong. Sedangkan kandungan zat besi dan kandungan proteinnya lebih tinggi daripada dua bentuk daun tersebut.

Dengan deretan manfaat tersebut, tak salah jika daun katuk menjadi pilihan asupan bagi Bunda yang sedang menyusui. Selain memberikan manfaat positif bagi Bunda, mengonsumsi daun katuk juga baik untuk si kecil tentunya.

Semoga membantu ya, Bunda.

Selain ASI booster, pijatan oksitoksin juga bermanfaat untuk perlancar ASI lho. Simak caranya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi