sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Makan Daun Katuk Selain Lancarkan ASI, Bisa Atasi Anak Flu Juga Bun

Meita Fajriana Sabtu, 25 Sep 2021 07:15 WIB
Close up of Sauropus androgynus or pucuk manis in an organic vegetable garden caption

Jakarta - Bunda menyusui, tentu sudah enggak asing dengan manfaat daun katuk bukan? Selama ini, daun katuk memang terkenal sebagai salah satu makanan pelancar ASI. Di luar itu, ternyata daun katuk memiliki manfaat juga untuk anak lho.

Ya, Bunda, daun katuk ini juga dapat menjaga kesehatan Si Kecil. Lantas apa saja manfaat daun katuk untuk anak?

Melansir dari laman What to Expect, daun katuk merupakan tanaman yang banyak ditemukan di daratan Asia. Tumbuhan dengan nama latin Sauropus androgynus L.Merr ini digunakan sebagai bahan makanan. Selain itu, juga digunakan untuk meningkatkan suplai ASI pada ibu menyusui.


Manfaat lainnya, daun katuk ternyata memiliki segudang manfaat, sehingga baik dikonsumsi oleh anak juga nih Bunda. Dilansir dari laman DrHealthBenefit berikut deretan manfaat daun katuk untuk anak.

1. Obat flu

Daun katuk mengandung efedrin yang sangat baik untuk penderita influenza. Sebanyak 100 gram daun katuk mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin C sekitar 244-314,3 miligram mampu melawan infeksi virus termasuk virus flu. Kandungan zat besi yang tinggi pada daun katuk juga dapat mengatasi gejala penyakit seperti anemia. 

asian, cooked, crisp, cuisine, dish, food, fried, garlic, gourmet, green, meal, meat, sauce, spicy, stir, stir-fry, vegetable,thai,thai food,Sauropus androgynusManfaat daun katuk selain untuk ASI Booster/ Foto: iStock

2. Mencegah Osteoporosis

Kalsium yang terkandung di dalam daun katuk cukup baik, sehingga cocok dikonsumsi oleh anak sejak dini agar terhindar dari osteoporosis di kemudian hari. Kandungan kalsium dan kalium besi dalam daun katuk memberikan manfaat sama dengan sayuran seperti bayam. Katuk mengandung kalsium sebanyak 84,4-711 miligram per 100 gram sajian. Kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk menghilangkan risiko osteoporosis. 

3. Antioksidan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun katuk mengandung zat yang berperan sebagai antioksidan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Food Chemistry, daun yang katuk memiliki tingkat antioksidan tertinggi di beberapa sayuran. Daun ini mengandung polifenol, senyawa ionik, senyawa radikal bebas, dan antioksidan lainnya. Hal ini tentunya baik untuk Si Kecil yang masih berada dalam masa pertumbuhan. 

Simak manfaat daun katuk lainnya di halaman selanjutnya!

Bunda, simak nih manfaat daun katuk lain yang perlu diketahui. Klik video di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT DAUN KATUK UNTUK ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!