sign up SIGN UP search


menyusui

Menyusui Eksklusif Bantu Ibu & Bayi Berbagi Bakteri Baik, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Selasa, 21 Jul 2020 07:49 WIB
Smiling mother breastfeeding her baby daughter while being at home. caption
Jakarta -

Seperti yang Bunda tahu, menyusui secara langsung memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Nah, sebuah studi baru oleh para peneliti di University of British Columbia dan University of Manitoba telah menemukan bahwa bakteri baik bisa ditransfer dari ASI ke usus bayi.

Penelitian menunjukkan bahwa menyusui langsung dari payudara paling baik mendukung proses ini. Penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini di Cell Host & Microbe, menemukan bahwa bakteri tertentu, termasuk Streptococcus dan Veillonella, berkembang di dalam ASI dan tinja bayi mereka.

Kelimpahan bakteri baik ini lebih tinggi ketika bayi menyusu langsung di payudara. Studi ini menegaskan bahwa ASI adalah pendorong utama perkembangan mikrobiota usus bayi.


Stuart Turvey, rekan penulis senior studi mengatakan bahwa eksklusivitas dan durasi menyusui sangat terkait dengan komposisi mikrobiota usus bayi secara keseluruhan.

"Dan bahwa bakteri ASI membentuk mikrobioma usus bayi ke tingkat yang sama dengan pengubah mikrobiota usus lainnya seperti pada proses kelahiran operasi caesar bagian atau persalinan normal," kata profesor di departemen pediatri dan penyelidik UBC di BC Children's Hospital ini.

Menurut para peneliti, ini adalah studi pertama yang mengevaluasi hubungan beberapa praktik pemberian ASI (jenis, eksklusivitas, dan durasi), bakteri susu, dan komponen susu dengan komposisi mikrobiota usus bayi di tahun pertama usia bayi.

Sebanyak 1.249 pasangan ibu-bayi yang terlibat dalam penelitian ini berpartisipasi dalam CHILD Cohort Study (CHILD), sebuah studi kohort kelahiran yang terkemuka di dunia dalam penelitian kesehatan ibu, bayi baru lahir, dan anak.

Ibu menyusuiIbu menyusui/ Foto: iStock

Temuan ini didasarkan pada penelitian CHILD sebelumnya yang menunjukkan memompa ASI berhubungan dengan perbedaan komposisi mikrobiota ASI dan kesehatan bayi.

"Uniknya, penelitian kami menunjukkan bahwa sementara ASI dan usus bayi memiliki komposisi mikrobiota yang berbeda, ada beberapa bakteri umum yang lebih melimpah dalam ASI yang didapat dari menyusui langsung di payudara, " kata rekan penulis senior studi ini, Brett Finlay, dikutip dari News Medical.

"Hasil ini memperkuat hipotesis bahwa ASI dapat bertindak sebagai inkubator yang memperkaya, melindungi dan mengangkut bakteri baik tertentu ke saluran usus bayi dan ini dapat memberi kita petunjuk tentang bakteri mana yang dapat membuat probiotik yang baik karena bakteri ini tampaknya tahan dalam perjalanan ke usus bayi," ujar Finlay.

Jadi ada manfaat tambahan ya, Bunda, jika kita menyusui anak secara langsung.

Simak juga perjuangan Winda Viska saat menyusui, sempat darah tinggi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi