sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Menyusui yang Bisa Dirasakan Buah Hati

Yuni Ayu Amida Selasa, 21 Jul 2020 11:34 WIB
Closeup of young woman holding cute little baby in her hands, lulling him in bed. Panorama with free space caption
Jakarta -

Air susu ibu (ASI) adalah makanan yang paling baik untuk si kecil yang baru lahir, Bunda. Hal ini karena ASI mengandung banyak kebaikan yang bisa dirasakan buah hati.

Pakar gizi bayi Ruth A. Lawrence, MD, seorang profesor pediatri dan OB-GYN di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Rochester di Rochester mengatakan, bayi yang diberikan ASI eksklusif akan lebih rendah terhadap risiko terkena virus, infeksi saluran kemih, penyakit radang usus, gastroenteritis, infeksi telinga, dan infeksi pernapasan.

"Kejadian pneumonia, pilek, dan virus berkurang di antara bayi yang disusui," kata Lawrence, dilansir Parents.


Tak hanya itu Bunda, berbagai manfaat positif lainnya juga bisa didapatkan bayi dari ASI lho. Apa saja? Berikut ini lima manfaat menyusui yang bisa dirasakan buah hati, dilansir dari Health Line.

1. ASI memberikan nutrisi ideal untuk bayi

Sebagian besar otoritas kesehatan merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama minimal 6 bulan. Hal ini karena ASI mengandung semua yang dibutuhkan bayi selama enam bulan pertama kehidupan. Komposisinya berubah sesuai dengan perubahan kebutuhan bayi, terutama selama bulan pertama kehidupan.

2. ASI mengandung antibodi penting

ASI sarat dengan antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri. Ini khususnya berlaku untuk kolostrum. Kolostrum menyediakan imunoglobulin A (IgA) dalam jumlah tinggi, serta beberapa antibodi lainnya. IgA melindungi bayi dari sakit dengan membentuk lapisan pelindung di hidung, tenggorokan, dan sistem pencernaan bayi.

Itu sebabnya, ibu menyusui yang sedang flu sebenarnya bisa memberi bayi mereka antibodi untuk membantu bayi melawan patogen yang menyebabkan penyakit, jadi bayi tidak akan tertular.

3. Menyusui mengurangi risiko penyakit

Menyusui dapat mengurangi risiko infeksi dan banyak penyakit pada bayi, termasuk alergi, penyakit seliaka, dan diabetes. Selain mengurangi risiko banyak infeksi, menyusui juga telah terbukti mengurangi tingkat keparahannya secara signifikan. Lebih lanjut, efek perlindungan dari menyusui tampaknya bertahan sepanjang masa kanak-kanak dan bahkan dewasa.

4. ASI bisa menaikkan berat badan sehat

Smiling mother breastfeeding her baby daughter while being at home.Smiling mother breastfeeding her baby daughter while being at home./ Foto: iStock

Menyusui meningkatkan berat badan yang sehat dan membantu mencegah obesitas di masa kecil. Studi menunjukkan bahwa tingkat obesitas 15 hingga 30 persen lebih rendah pada bayi yang disusui, dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.

Ini mungkin karena perkembangan bakteri usus yang berbeda. Bayi yang disusui memiliki jumlah bakteri usus bermanfaat yang lebih tinggi, yang dapat memengaruhi penyimpanan lemak. Bayi yang diberi ASI juga memiliki lebih banyak leptin dalam sistem mereka daripada bayi yang diberi susu formula. Leptin adalah hormon utama untuk mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak.

5. Menyusui membuat anak lebih cerdas

Beberapa penelitian menunjukkan mungkin ada perbedaan dalam perkembangan otak antara bayi yang diberi ASI dan yang diberi susu formula. Perbedaan ini mungkin karena keintiman fisik, sentuhan, dan kontak mata yang berhubungan dengan menyusui.

Studi menunjukkan bahwa bayi yang disusui memiliki skor kecerdasan yang lebih tinggi dan kecil kemungkinannya untuk mengembangkan masalah dengan perilaku dan pembelajaran seiring dengan bertambahnya usia mereka.

Simak juga perjuangan Winda Idol mengASIhi dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi