sign up SIGN UP search


menyusui

Pekan Menyusui Sedunia Jatuh pada 1 - 7 Agustus, Simak Yuk Sejarahnya

Asri Ediyati Sabtu, 01 Aug 2020 09:08 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Tahukah Bunda, kalau pada 1 - 7 Agustus 2020 ini, diperingati sebagai Pekan Menyusui Sedunia alias World Breastfeeding Week (WBW). WBW sendiri adalah kampanye global untuk meningkatkan kesadaran dan menggembleng aksi pada tema-tema yang terkait menyusui menyusui nih, Bunda.

Bagaimana sejarahnya awalnya? Jadi, pada tahun 1990, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Dana Darurat Anak Internasional PBB (UNICEF) membuat Deklarasi Innocenti. Deklarasi Innocenti adalah pernyataan formal tentang perlindungan, promosi, dan dukungan menyusui.

Dokumennya menguraikan manfaat dan pentingnya menyusui, menetapkan tujuan menyusui dan menyediakan metode untuk mencapai tujuan tersebut. Dilansir Very Well Family, empat poin utama dari Deklarasi Innocenti adalah:


1. Untuk menunjuk koordinator menyusui nasional dan membentuk komite menyusui nasional.

2. Memiliki setiap fasilitas yang menyediakan praktik perawatan bersalin Sepuluh Langkah untuk Menyusui yang Sukses.

3. Bertindak untuk menerapkan semua Artikel dari Kode Internasional Pemasaran Pengganti ASI dan resolusi WHO lainnya.

4. Menetapkan dan menegakkan hukum yang melindungi hak menyusui perempuan yang bekerja.

Kemudian di tahun berikutnya pada tahun 1991, World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) didirikan untuk melaksanakan tujuan yang diuraikan dalam Deklarasi Innocenti. WABA bertanggung jawab atas Baby Friendly Hospital Initiative dan banyak lagi.

ilustrasi menyusuiilustrasi menyusui/ Foto: thinkstock

Beberapa cara WABA mendukung, melindungi, dan mempromosikan, menyusui adalah dengan mendukung ibu untuk memulai dan terus menyusui. Kemudian WABA mendidik ayah, orang muda, petugas kesehatan, dan masyarakat mengenai pentingnya menyusui.

WABA berbagi dan menerapkan penelitian, serta berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan dan penegakan hukum dan kebijakan perawatan kesehatan yang melindungi dan mendukung ibu menyusui.

Nah, sebagai bagian dari kampanye untuk mencapai tujuan mereka dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang menyusui ke seluruh dunia, WABA mulai berpikir tentang menciptakan hari untuk mendedikasikan untuk perayaan semua hal menyusui, Bunda.

Gagasan tentang hari perayaan menyusui itu sekarang kita kenal sebagai World Breastfeeding Week atau Pekan Menyusui Sedunia.

Pekan Menyusui Sedunia pertama dirayakan pada tahun 1992 dan telah berkembang pesat dengan memasukkan banyak negara dan organisasi di seluruh dunia. Berkat paparan ini dan promosi menyusui, tingkat menyusui di seluruh dunia meningkat.

Tahun ini, WABA mengumumkan tema Pekan Menyusui Sedunia 2020 yaitu dukung menyusui untuk planet yang lebih sehat. Pekan Menyusui 2020 akan fokus pada dampak pemberian makan bayi pada lingkungan atau perubahan iklim dan keharusan untuk melindungi, mempromosikan dan mendukung pemberian ASI untuk kesehatan planet dan rakyatnya.

Tema ini selaras dengan area tematik 3 dalam kampanye WBW-SDG 2030 yang menyoroti hubungan antara menyusui dan perubahan lingkungan atau iklim.

"WABA menerapkan pendekatan rantai hangat untuk bekerja sama lintas sektor dan tingkat untuk mencapai tujuan bersama dengan kelompok-kelompok yang bekerja dalam masalah lingkungan. Bersama-sama, kita perlu menekankan hubungan antara menyusui dan lingkungan," demikian bunyi keterangan tertulis di laman resmi WBW 2020.

Ada pun tujuan Pekan Menyusui Sedunia 2020 yaitu memberitahu orang-orang tentang hubungan antara menyusui dan lingkungan / perubahan iklim. Lalu, menyusui sebagai keputusan cerdas, mengikutsertakan dengan individu dan organisasi untuk dampak yang lebih besar, dan menggembleng tindakan untuk meningkatkan kesehatan planet dan orang-orang melalui menyusui.

Selamat memperingati Pekan Menyusui Sedunia dan tetap semangat mengASIhi ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat sedang menstruasi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi