sign up SIGN UP search


menyusui

7 Makanan Bunda Menyusui untuk Mengatasi Baby Blues & Postpartum Depression

Annisa Afani Rabu, 05 Aug 2020 17:09 WIB
Love and motherhood caption
Jakarta -

American Pregnancy Association melaporkan bahwa 70 - 80 persen dari semua ibu yang baru melahirkan bisa mengalami baby blues dan postpartum lho, Bunda. Gejala ini ditandai dengan adanya perubahan perasaan dan suasana hati seperti sedih, cemas, menangis, dan lain sebagainya.

Ini benar-benar menjadi hal yang normal, karena hormon ibu yang melahirkan mulai menyeimbangkan kembali setelah mengandung selama 9 bulan. Biasanya, perasaan dan suasana hati ini bisa mereda dalam hitungan hari atau maksimal 2 minggu.

Untungnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa upaya dalam pemenuhan nutrisi ternyata dapat meningkatkan suasana hati, Bunda. Sehingga hal ini pun bisa menjadi solusi untuk mengatasi baby blues dan postpartum dengan cara yang tepat.


Sebagaimana yang HaiBunda rangkum dari Family Style Nutrition dan Motherly, berikut 7 jenis makanan yang bisa Bunda coba untuk mengatasi baby blues dan postpartum:

1. Salmon

Bunda pasti sudah mendengar banyak tentang pentingnya mengonsumsi omega-3 atau DHA salmon selama kehamilan. Namun ternyata, manfaat dari omega-3 ini bisa berlanjut hingga masa melahirkan lho.

Selain dapat membantu fungsi otak dan seperti yang ditunjukkan oleh banyak penelitian, ternyata salmon juga dapat bantu mencegah depresi seperti baby blues dan postpartum.

2. Telur

Telur adalah makanan pokok yang penting bagi ibu baru melahirkan. Karena tidak hanya mudah diolah, telur juga dikemas dengan protein, vitamin D dan vitamin B. Kekurangan nutrisi ini telah dikaitkan dengan depresi secara umum karena telur memiliki peran dalam pengaturan suasana hati sehingga dapat mencegah terjadinya baby blues dan postpartum.

3. Yogurt

Yogurt penuh lemak dan produk susu lainnya seperti keju adalah sumber protein dan vitamin D. Jika Bunda bisa mengonsumsi produk susu tanpa masalah, ada baiknya untuk memasukkan yogurt ke dalam daftar makanan untuk memberi nutrisi tambahan sepanjang hari dan membuat Bunda tetap sehat dan merasa puas.

4. Almond dan kacang

Kacang adalah sumber lemak sehat, protein, dan antioksidan yang luar biasa, Bunda. Bahan makanan ini juga padat kalori sangat bagus untuk ibu menyusui. Selain itu, almond dan kacang-kacangan lainnya juga telah dikaitkan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan dapat meningkatkan kadar serotonin yang memperbaiki suasana hati.

kacang almondKacang almond/ Foto: iStock

5. Biji gandum utuh

Gandum, beras merah atau pasta gandum adalah bahan makanan yang dapat memberi energi pada tubuh karena mengandung sera, zat besi, dan nutrisi penting lainnya. Selain itu biji-bijian ini pun telah dikaitkan dengan peningkatan kadar serotonin, yakni penstabil suasana hati alami serta dapat membantu menjaga kadar gula darah.

6. Oatmeal

Selain mengenyangkan, oatmeal juga kaya kandungan akan serat tak larut. Dengan semangkuk di pagi hari, oatmeal akan membantu menjaga Bunda untuk tetap aktif bergerak serta dapat meningkatkan pasokan air susu ibu (ASI) untuk menyusui, sehingga, oat menjadi salah satu makanan yang harus dimiliki untuk mengatasi baby blues dan postpartum.

7. Stroberi

Konsumsi buah-buahan dan sayuran dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah, Bunda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition pada 2016, stroberi mengandung antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kognitif.

Bunda, simak juga cerita Tasya Kamila yang sempat baby blues dan iri lihat kehidupan orang lain dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi