sign up SIGN UP search


menyusui

3 Cara Mandiri Atasi Baby Blues saat Menyusui Menurut Psikolog

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 28 Aug 2022 07:10 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Baby blues dapat dialami siapa pun, termasuk Bunda yang menjalani kehamilan sehat. Sebelum kondisi menjadi parah, Bunda ternyata dapat menangani sendiri baby blues lho.

Konselor Laktasi dr Ameetha Drupadi CIM mengatakan bahwa baby blues sering terjadi pada Bunda yang baru melahirkan karena adanya perubahan hormon. Selain itu, baby blues juga bisa dialami Bunda yang belum mendapatkan informasi tentang menyusui.

"Saya banyak menemukan di lapangan Bunda yang konsultasi sudah berada dalam posisi baby blues. Jadi, ketika kehamian dia belum paham tentang menyusui," kata Ameetha saat Live Instagram bersama HaiBunda, belum lama ini.


"Begitu melahirkan, Bunda melalui proses panjang atau melelahkan. Kemudian, saat menjalani operasi caesar misalnya belum siap harus tindakan, akhirnya menimbulkan kaget. Setelah melahirkan biasanya aktivitas sebagai ibu hamil kan santai, tidur teratur, tapi tiba-tiba setelah melahirkan ada bayi, jadi capek," sambungnya.

Sementara itu, menurut Psikolog Klinis Dewasa dan Pejuang ASI, Farida Eka Putri, M.Psi., Psi., CMHA, baby blues sebenarnya adalah depresi ringan yang terjadi pada Bunda pasca melahirkan. Baby blues terjadi dalam rentan waktu tertentu, Bunda.

"Baby blues syndrome sebetulnya depresi ringan yang terjadi pada Bunda pasca melahirkan. Waktunya beberapa jam sampai 14 hari setelah melahirkan, biasanya dipengaruhi ketidaksiapan Bunda dalam merawat bayi," kata Farida.

Baby blues biasanya ditandai dengan perubahan emosi. Gejala yang paling umum adalah panik, sering menangis, dan muncul rasa cemas.

"Biasanya itu gangguan emosi, sering menangis, panik, tiba-tiba marah, dan ada gejala depresi seperti mood swing dan masalah konsentrasi sampai kurang mau merawat diri. Tapi itu terjadi selama dua minggu dan akan berangsur pulih," ungkap Farida.

Baby blues yang dialami setelah melahirkan sebenarnya bisa diminimalisasi dengan penanganan mandiri, Bunda. Bagaimana caranya? Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga cerita Tantri 'Kotak' alami baby blues karena ASI mampet, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENANGANI BABY BLUES SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!