sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Menggunakan Pompa ASI Manual Agar Hasil Optimal

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 21 Feb 2021 11:34 WIB
Young mother hands holding full plastic breast pump bottle. Closeup. Preparing milk for baby feeding. Front view. Foto: Getty Images/iStockphoto/FotoDuets

Penggunaan pompa ASI manual seringkali tak menjadi pilihan banyak ibu menyusui karena lebih lelah dalam menggunakannya. Padahal, jika dilakukan dengan baik, cara menggunakan pompa ASI manual juga dapat menghasilkan ASIP yang melimpah lho, Bunda.

Sebagian ibu menyusui memang memilih menggunakan pompa ASI elektrik meski harganya lebih mahal ketimbang pompa ASI manual. Selain lebih efisien dalam penggunaannya, pompa ASI elektrik dipercaya lebih efektif memerah ASI dari payudara saat digunakan. Tak heran, banyak ibu menyusui yang lebih memilih pompa ASI tersebut.

Memang, pompa ASI manual kurang populer dibandingkan pompa ASI elektrik. Tetapi, secara fungsi dan manfaat, pompa ASI manual sama-sama memberikan manfaat yang baik dalam menghasilkan ASIP, seperti dikatakan Polly Kocher, konsultan laktasi di Illinois.


"Jika Bunda hanya menyusui sesekali, pompa ASI manual mungkin pilihan terbaik," ujar Kocher  seperti dikutip dari laman Parents.

Mengenai penggunaannya sendiri, pompa ASI manual tidaklah sulit. Bahkan, pompa ASI manual juga memiliki keunggulan yang tak kalah dibandingkan dengan pompa ASI elektrik.

Banner Resep TelurBanner Resep Telur/ Foto: Mia Kurnia Sari

Melansir Healthline, cara menggunakan pompa ASI manual yakni sebaiknya dimulai dengan membaca buku panduan untuk membiasakan diri dengan proses yang ada pada pompa ASI tersebut.

Kemudian, temukan tempat yang tenang untuk memompa ASI. Pastikan Bunda mencuci tangan sebelum memulai menggunakan pompa ASI. Setelah menstimulasi payudara, pusatkan cup pompa ASI pada salah satu puting susu pompa ASI tersebut dan posisikan rata di payudara.

Menstimulasi payudara dapat dilakukan dengan melakukan pijatan lembut sebelum Bunda memulai memompa ASI menggunakan pompa ASI manual ya, Bunda. Hal ini untuk membantu payudara rileks dan produksi ASI yang dikeluarkan pun melimpah.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda

Selain dengan alat bantu, Bunda juga bisa memerah ASI dengan tangan lho. Simak di sini:

[Gambas:Video Haibunda]

Cara Menggunakan Pompa ASI Manual
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi