sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tanda ASI Mengalir Normal dan Lancar agar Tak Ganggu Nutrisi Bayi

Asri Ediyati Jumat, 18 Sep 2020 12:55 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

ASI yang mengalir dengan normal dan lancar adalah harapan para ibu menyusui. Setidaknya kita bisa bernapas dengan lega ketika ASI lancar dan bayi kenyang.

Kelancaran aliran ASI mungkin agak sulit diketahui apabila tidak muncul let-down reflex. Ya, let-down reflex atau milk-ejection reflex (MER) adalah reaksi alami otomatis yang terjadi di tubuh saat bayi menyusu.

Apa tanda ASI mengalir dengan normal dan lancar? Simak ulasannya di bawah ini yuk:


1. Kram di sekitar rahim

Dilansir Kelly Mom, pada minggu pertama atau lebih, ibu menyusui mungkin merasakan kram rahim. Ini normal karena ini salah satu tanda tubuh sedang memproduksi ASI untuk si kecil.

2. Bayi mengubah pola isapan

Bayi mengubah pola isapannya dari pendek dan berombak (seperti dot isap) pada awal menyusui menjadi lebih panjang, menarik, dan berirama sekitar satu menit saat menyusu.

3. Merasa rileks atau mengantuk

Tubuh Bunda yang sedang bekerja atas produksi ASI membuat Bunda mungkin merasa tenang, rileks. Bunda juga bisa saja mengantuk atau sedikit lelah.

4. Merasa haus

Bunda mungkin merasakan sensasi haus yang kuat saat menyusui. Nah, saat haus ini lah Bunda minum banyak air putih agar aliran ASI makin lancar.

5. Ada sensasi kesemutan pada payudara

Mengutip Very Well Family, Bunda mungkin merasakan kesemutan, atau sensasi hangat di payudara. Ini berarti aliran ASI Bunda normal dan lancar.

Saat merasakan salah satu tanda di atas, Bunda bisa bernapas lega ya. Itu tandanya ASI mengalir lancar dan normal.

Simak juga cara memperbanyak ASI pada saat menstruasi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi