sign up SIGN UP search


menyusui

7 Penyebab Saluran ASI Tersumbat pada Ibu Menyusui, Kenali Tandanya Yuk

Annisa Karnesyia Senin, 23 Nov 2020 12:16 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Menyusui merupakan tantangan bagi seorang ibu yang baru melahirkan. Tak jarang beberapa ibu mengalami masalah saat menyusui buah hatinya, Bunda.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah saluran ASI tersumbat. Secara anatomi, payudara ibu memiliki saluran yang membawa ASI dari kelenjar susu ke puting.

Saat saluran ini tersumbat, payudara bisa terasa sakit, bengkak, dan gatal. Studi tahun 2011 terhadap 117 wanita menyusui menemukan bahwa 4,5 persen wanita mengalami saluran ASI tersumbat di beberapa titik selama tahun pertama menyusui.


"Saluran ASI tersumbat sering terjadi pada wanita yang sedang menyusui, baru saja melahirkan, memilih tidak menyusui, atau baru saja berhenti menyusui," kata dokter obgyn, Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, dilansir Medical News Today.

Masalah saluran ASI tersumbat paling sering dialami wanita yang tidak mengosongkan payudara, Bunda. Akibatnya, ASI menumpuk di payudara dan menyumbat saluran.

Selain itu, saluran ASI tersumbat bisa terjadi karena produksi ASI ibu berlebih. Bayi yang tidak disusui dengan benar juga bisa menyebabkan masalah menyusui ini.

"Wanita yang memiliki ASI berlebih memiliki risiko untuk mengembangkan kondisi ini. Namun, siapa pun yang sedang menyusui bisa mengalami masalah ini," ujar Nwadike.

7 Faktor risiko penyebab saluran ASI tersumbat

1. Perubahan pola makan ibu.

2. Pelekatan bayi yang buruk.

3. Tidak mengosongkan payudara setiap sesi menyusui.

4. Jadwal menyusui yang tidak teratur.

5. Sesi menyusui yang singkat atau terlewat.

6. Tekanan pada payudara karena posisi menyusui yang tidak nyaman.

7. Pakaian ketat atau mengenakan bra dengan bahan kawat.

Ibu menyusui yang saluran ASI-nya tersumbat akan mengalami tanda atau gejala. Apa tanda-tanda tersebut? Klik NEXT ya, Bunda.

Chow Yun Fat dan istri

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Tanda atau Gejala Saluran ASI Tersumbat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi