sign up SIGN UP search


menyusui

AIMI Surati Kemenkumham, Mohon Vanessa Angel Bisa Menyusui Anak Meski Dibui

Annisa Karnesyia Kamis, 03 Dec 2020 19:06 WIB
Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah caption
Jakarta -

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) melayangkan surat permohonan ke Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham). Surat ini terkait pemenuhan hak Vanessa Angel untuk menyusui anaknya, Gala Sky Andriansyah.

Seperti diketahui, saat ini Vanessa Angel tengah menjalani menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pondok Bambu, Jakarta Timur. Ia ditahan karena kasus kepemilikan Xanax, Bunda.

AIMI di akun Instagram resminya menyampaikan surat permohonan untuk pemenuhan hak menyusui kepada Vanessa Angel. Saat ini, putra Vanessa sendiri berusia empat bulan.


"Tanggal 27 November 2020 lalu AIMI sudah melayangkan surat ke Kementerian Hukum dan HAM RI, yang juga ditembuskan ke Kementerian Kesehatan RI terkait pertimbangan penerapan hukuman bagi ibu yang sedang dalam tahap menyusui bayinya, dalam hal ini terkait juga dengan kasus yg menimpa Vanessa Angel (VA)," tulis AIMI, dikutip dari Instagram, Kamis (3/12/2020).

AIMI berharap surat ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kasus lain yang melibatkan wanita atau ibu menyusui. Menurut AIMI, ibu perlu mendapatkan dukungan dan perlindungan untuk bisa menyusui.

"Ibu menyusui dan bayinya, di manapun mereka berada dan dalam situasi apapun (bahkan di berbagai kondisi krisis seperti bencana, perang atau dalam status sebagai tahanan), berhak untuk mendapatkan dukungan dan perlindungan menyusui yang sebaik baiknya dengan tetap mempertimbangkan aspek hukum yang berlaku," tulis pengurus AIMI dalam keterangan resminya.

Instagram AIMIInstagram AIMI/ Foto: Instagram @aimi_asi

Dalam suratnya, AIMI juga mencantumkan poin-poin utama yang mendasari permohonan. Salah satunya Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 128 ayat 1 dan 2 yang berbunyi:

"Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahirkan selama 6 bulan, kecuali atas indikasi medis," demikian bunyi pasal 1.

"Pemerintah 'harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus'," bunyi pasal 2.

AIMI menjelaskan bahwa aparat penegak hukum dan hakim belum mempertimbangkan kepentingan ibu dan anak. Di salah satu poin, AIMI juga meminta kepada Kemenkumham untuk mengatur kemungkinan penundaan pidana bagi ibu yang masih menyusui.

Belum lama ini, suami Vanessa Angel, Febri Ardiansyah alias Bibi, sempat mengabarkan kondisi buah hatinya. Seperti apa kondisi Gala Sky?

Klik NEXT ya, Bunda.

Simak juga cerita Winda Idol meng-ASI-hi anaknya dalam kondisi darah tinggi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner GunawanFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
(ank/rap)
Kondisi Anak Vanessa Angel
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi