sign up SIGN UP search


menyusui

Pijat Oksitosin agar ASI Lancar, Simak Cara yang Tepat Yuk Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 03 Jan 2021 18:32 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - ASI seret dan payudara bengkak seringkali jadi masalah klasik para ibu menyusui. Tak sedikit dari busui yang merasa depresi saat melewati fase tersebut.

Masa-masa menyusui memang sangatlah menyenangkan ya, Bunda. Tetapi, di luar itu ada perjuangan berat yang dilalui Bunda di balik kebahagiaan tersebut.

Yakni bagaimana Bunda berjuang agar ASI terus menerus lancar demi asupan buah hati. Serta bagaimana mengesampingkan rasa lelah dan ancaman stres yang terus menghantui. 


Hal tersebut tentu saja tidak mudah dilewati para busui. Apalagi, berbagai cara telah dilakukan untuk membuat ASI kembali lancar walau tak berjalan efektif. 

Nah, jika Bunda menjadi salah satu di antaranya, jangan dulu khawatir ya, Bunda. Permasalahan tersebut dapat Bunda atasi dengan melakukan pijat oksitosin untuk ASI lancar kembali.

"Oksitosin memberikan seseorang perasaan hangat dan penuh kasih. Itu yang kemudian memengaruhi atas suasana hati yang bahagia," ujar Carol Livoti, MD, seorang ginekolog seperti dikutip dari laman Endocrineweb.

Selain itu, oksitosin juga dikenal sebagai hormon keibuan, hormon anti-stres, dan hormon cinta. Dalam kaitannya dengan menyusui dimana menyusui merangsang pelepasan oksitosin dari otak Bunda. Kemudian, oksitosin memungkinkan bayi mendapatkan ASI dari payudara dan ini akan menyebabkan rahim Bunda menyusut setelah bayi lahir. Juga di antaranya menumbuhkan cinta, pengasuhan, dan ikatan emosional yang kuat antara ibu dan si kecil.

Guna merangsang oksitosin dan membuat suasana Bunda saat menyusui lebih rileks, pijat oksitosin memang direkomendasikan untuk dilakukan. Sehingga, tidak saja Bunda yang merasa nyaman tetapi juga ASI Bunda semakin lancar.

Pijat oksitosin merupakan salah satu solusi untuk mengatasi ketidaklancaran produksi ASI. Pijat oksitosin ini dapat dilakukan dengan cara memijat pada daerah punggung sepanjang kedua sisi tulang belakang sehingga diharapkan dengan pemijatan ini, seorang busui akan merasa rileks dan kelelahan setelah melahirkan akan hilang.

Klik halaman selanjutnya untuk bahasan lebih lengkap ya, Bunda.

Simak juga cara pijat oksitosin, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiFoto: Mia Kurnia Sari
(rap/rap)
Manfaat pijat oksitosin untuk melancarkan ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi