sign up SIGN UP search


menyusui

3 Minyak Esensial untuk Pijat Oksitosin yang Bisa Lancarkan ASI

Asri Ediyati Selasa, 18 Feb 2020 14:49 WIB
Sudah terbukti melalui penelitian, minyak esensial ini baik digunakan untuk pijat oksitosin. Ketiga minyak ini terbukti melancarkan produksi ASI. Apa saja? caption
Jakarta - Seperti yang Bunda tahu, hormon oksitosin adalah hormon cinta. Hormon oksitosin diproduksi di otak bagian belakang dengan cara kerja seperti efek morfin, membuat seseorang merasa bahagia dan mengurangi rasa sakit. Hormon ini berperan penting dalam produksi ASI.

Selain itu, hormon oksitosin dapat memberi stimulasi saat persalinan atau pada puting saat proses menyusui. Menurut Donna Murray, RN, BSN, perawat kesehatan anak, hormon oksitosin dapat membuat tubuh menjadi relaks, mengurangi stres, rasa cemas, dan menurunkan tekanan darah. Oksitosin juga berperan dalam hubungan sosial, ikatan khusus (bonding), rasa percaya, dan rasa cinta.


"Oksitosin adalah hormon yang penting bagi wanita. Hormon ini dikenal sebagai hormon keibuan, hormon anti stres, dan hormon cinta," kata Murray, dikutip dari Very Well Family.


Salah satu cara untuk merangsang produksi hormon oksitosin adalah dengan melakukan pijat oksitosin. Pijat ini BMC research notes dilakukan di bagian punggung. Untuk menambah ketenangan dan membuat nyaman, Bunda bisa gunakan minyak esensial.

Nah, ketiga minyak esensial untuk pijat oksitosin ini ternyata terbukti bisa lancarkan produksi ASI. Apa saja? Berikut daftarnya yang telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber:

1. Minyak lavender

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Advances in Health Sciences Research (AHSR) vol.14, lavender adalah minyak esensial yang populer dan banyak digunakan di lapangan kesehatan klinis, terutama mengatasi psikosomatik masalah dalam ginekologi.

Dalam penelitian yang dilakukan pada ibu-ibu pascapersalinan di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu dari Mei hingga Oktober 2017, hasil menyatakan bahwa minyak lavender terbukti bisa lancarkan ASI lewat pijat oksitosin.

2. Minyak clary sage
Minyak esensial clary sageMinyak esensial clary sage/ Foto: iStock
Minyak clary sage bisa meningkatkan hormon oksitosin. Sebelumnya, minyak clary sage ini diteliti oleh sejumlah periset dari Jepang. Mereka melakukan pilot study pada ibu yang akan melahirkan dan menghirup minyak clary sage. Hasilnya, hormon oksitosin sang ibu bertambah. Studi tersebut dipublikasi di BMC research notes.

3. Minyak fennel (adas)
Minyak esensial fennel (adas)Minyak esensial fennel (adas)/ Foto: iStock
Penelitian yang dipublikasi oleh International Journal of Science and Research (IJSR) 2018 melihat efek minyak fennel pada 34 ibu menyusui. Hasilnya bahwa minyak fennel positif bisa melancarkan produksi ASI saat digunakan untuk pijat oksitosin.

Minyak esensial adas terbukti mengandung asam lemak, flavonoid, vitamin, mineral seperti kalsium (49mg/100g) yang berhubungan dengan peningkatan pasokan ASI. Penelitian sebelumnya, para peneliti menggunakan minyak esensial adas dan juga terbukti produksi ASI meningkat.


Simak juga tips memperbanyak ASI bagi ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]




(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi