sign up SIGN UP search


menyusui

Menyusui di Hari Pertama Melahirkan, Simak Tanda Bayi Sudah Kenyang Bun

Erni Meilina Kamis, 07 Jan 2021 10:02 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Bagi para Bunda yang sedang bersiap melahirkan, penting juga nih mempelajari tentang seluk beluk menyusui. Terutama untuk Bunda yang baru akan memiliki anak pertama kali, agar menyusui di hari pertama lancar.

Tak dipungkiri bahwa menyusui adalah pelajaran baru untuk para ibu baru. Perlu Bunda ketahui bahwa menyusui paling baik dimulai segera setelah bayi Bunda lahir. Jika bayi Bunda menyusu dengan baik langsung setelah lahir, Si Kecil mungkin akan tidur nyenyak.

Banyak orang mengatakan kalau ASI pertama yang Bunda berikan kepada di kecil sangat sedikit akan membuat Si Kecil kelaparan. Faktanya itu salah lho, Bunda. ASI pertama memang keluar sedikit tapi itu cukup untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil. Seperti yang dikatakan dr. Reisa Broto Asmoro dalam kanal Youtube pribadinya Reisa Broto Asmoro.


“cukup untuk memenuhi perut bayi yang hanya dapat diisi sebanyak empat sendok teh setelah bayi lahir,” ungkapnya.

Jadi, Bunda enggak perlu risau ya kalau ASI pertama yang  Bunda berikan sedikit karena faktanya tetap bisa memenuhi perut Si Kecil.

Bayi Bunda mungkin tampak gelisah pada hari kedua atau ketiga saat kolostrum Bunda berubah menjadi ASI yang matang. Peningkatan pemberian ASI adalah hal yang dibutuhkan. Membiarkan bayi menyusu sebanyak yang mereka inginkan dalam beberapa hari pertama akan membantu membentuk pola menyusui yang baik dan mencegah pembengkakan payudara, Bunda.

Jika bayi Bunda baru lahir, Si Kecil setidaknya membutuhkan 8 sampai 12 kali makan dalam 24 jam. Meskipun sering memberi makan dan mungkin memakan waktu, ini adalah hal yang normal ya, Bunda. Ternyata ada manfaatnya lho, Bun seperti bayi menerima kolostrum yang membantu mencegah infeksi, merangsang produksi ASI dengan penuh , serta risiko pembengkakan payudara akan berkurang, Bunda.

Gimana sih caranya Bunda mengetahui kalau Si Kecil menempel dengan benar ke payudara Bunda? Dikutip dari Better Health, caranya mudah, yaitu cukup lihat mulut Si Kecil apakah sudah menutupi puting susu dan sejumlah besar areola yang biasanya akan lebih banyak di sisi bawah daripada bagian atas.

Lalu, Bunda juga bisa lihat dari dagunya yang menyentuh payudara, hidung Si Kecil bersih dari atau hanya menyentuh payudara, dan juga bibir atas dan bawah bayi Bunda akan terbuka atau mengembang di atas payudara.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut, BACA HALAMAN BERIKUTNYA!

Untuk lebih jelasnya mengenai menyusui hari pertama, simak pelekatan yang benar dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Hijaber Turki



(rap/rap)
Tanda Kebutuhan ASI Si Kecil Sudah Tercukupi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi