sign up SIGN UP search


menyusui

6 Persiapan Menyusui di Minggu Pertama Kelahiran Bayi agar ASI Lancar

Erni Meilina Senin, 30 Nov 2020 18:10 WIB
Inisiasi Menyusui Dini atau IMD caption

Jakarta –  Minggu pertama kelahiran bayi, menjadi masa yang paling membingungkan untuk ibu baru. Dalam masa pemulihan pasca melahirkan, Bunda juga harus dihadapkan dengan kondisi emosi yang tidak stabil. 

Ditambah dengan kondisi tubuh yang harus siap menyusui bayi agar ASI di hari-hari pertama kelahirannya. Cara terbaik untuk menyusui adalah mencoba untuk menyusui si kecil pada satu jam pertama setelah melahirkan. Letakkan si kecil agar menempel dan mengisap payudara dengan benar, agar dapat mengaktifkan sel-sel di payudara Bunda untuk memulai atau memproduksi suplai ASI.

“Idealnya, bayi Anda akan diletakkan di dada Anda segera setelah dia lahir untuk memberinya akses ke payudara. Dia mungkin makan, mungkin juga tidak, tapi beri dia kesempatan untuk melakukannya,” kata Cathy Garbin, konsultan laktasi internasional yang terkenal, dilansir Medela.


“Dukung tubuhnya dan biarkan dia mencoba menemukan jalan ke payudara Anda. Namun, jika bayi Anda tidak menemukan jalannya, konselor laktasi biasanya sangat ahli dalam membantu Ibu mengatur posisi. Posisi menyusui setengah berbaring, adalah cara yang baik untuk memulai,” jelas Cathy lebih lanjut.

Jadi, lupakan tentang menimang dan mendandani bayi khususnya pada satu jam pertama setelah melahirkan, atau setidaknya sampai setelah menyusui pertama kali dilakukan. Nikmati pelukan dengan si kecil dan banyak kontak langsung yang bersentuhan dengan kulit si kecil. Ini akan membuat oksitosin, 'hormon cinta' mengalir pada Bunda dan si kecil, yang penting untuk pelepasan ASI pertama Bunda.

Perlu Bunda ketahui bahwa saat menyusui, bayi akan membantu Bunda untuk pulih dari pasca melahirkan. Hal ini dikarenakan oksitosin juga membuat rahim Bunda berkontraksi. Pada jam-jam pertama setelah kelahiran, ini membantu mengeluarkan plasenta Bunda secara alami dan mengurangi kehilangan darah.

Lalu, apa saja persiapan apa yang diperlukan Bunda di minggu pertama setelah melahirkan agar lancar menyusui si kecil, baca di halaman selanjutnya. Klik NEXT ya Bunda!

Bunda, simak juga tips memperlancar ASI saat menstruasi dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Hal yang Dipersiapkan untuk Menyusui di Minggu Pertama Melahirkan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi