sign up SIGN UP search


menyusui

Mengenal Apron untuk Ibu Menyusui, Kelebihan hingga Kekurangannya

Haikal Luthfi Rabu, 13 Jan 2021 15:52 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Menyusui merupakan aktivitas yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan si kecil, Bunda. Pemberian ASI eksklusif bermanfaat banyak untuk bayi diantaranya dapat meningkatkan kecerdasan, menjaga daya tahan tubuh, terhindar dari risiko infeksi, dan menjaga tumbuh kembangnya tetap optimal.

Memberikan kenyamanan yang optimal adalah kunci utama untuk lancarnya ASI. Ketika Bunda sedang memberikan ASI tentunya menginginkan proses yang berlangsung dengan nyaman dan lancar.

Terkadang aktivitas menyusui yang dilakukan sering kali menimbulkan perasaan tidak nyaman. Misalnya ketika sedang di tempat umum, proses menyusui seringkali menjadi kendala bagi busui karena minimnya fasilitas ruangan laktasi.


Oleh sebab itu, tak sedikit busui yang menggunakan berbagai macam jenis alat bantu, salah satunya dengan adanya apron menyusui. Alat yang satu ini, sangat membantu ketika Bunda harus menyusui buah hati di area publik. Jadi, Bunda bisa langsung menyusui si kecil tanpa harus kebingungan mencari ruang laktasi yang nyaman.

Mengutip Healthline, apron merupakan sejenis kain seperti celemek yang biasa dikenakan di dapur dengan tali di sekeliling pinggang, apron menyusui ini menyelip di atas kepala dan menutupi area dada.

Belakangan apron menyusui semakin tren, Bunda. Selain nyaman, ini juga tetap terlihat modis saat dipakai. Cara menggunakannya pun mudah, cukup dengan mengalungkan apron menyusui ke leher, dan letakkan si kecil ke dalam posisi menyusui. Dengan apron menyusui, bayi bisa minum ASI kapanpun dan dimanapun.

Jenis apron menyusui

Mother breastfeeding her newborn baby during flight. Concept photo of air travel with baby.Ibu menyusui/ Foto: iStock

Dikutip dari berbagai sumber, terdapat berbagai jenis apron menyusui yang bisa dijadikan referensi seperti:

1. Syal

Jenis syal dapat menjadi aksesori fashion sekaligus berfungsi sebagai apron menyusui, Bunda. Berbentuk potongan kain bulat panjang yang dapat dililit dua kali di kepala atau atau satu kali di bahu untuk penutup menyusui.

2. Ponco

Apron menyusui berbentuk ponco atau cape memiliki model yang stylish. Dikutip dari Madeformums, jenis ini tidak memiliki garis leher yang kaku dengan kawat. Jadi, agak sedikit lebih sulit untuk melihat bayi atau peralatan pompa ASI.

3. Boned-open neckline

Jenis ini memiliki 'tulang' melengkung di atasnya yang berfungsi sebagai bukaan agar Bunda bisa melihat bayi yang sedang disusui. Fungsi bukaan juga sebagai ventilasi udara bagi si kecil.

4. Hoodie

Hoodie juga kerap tersedia di pasaran sebagai apron menyusui yang bisa dijadikan pilihan. Selain desainnya yang menarik, jenis hoodie juga memiliki akses yang cepat dan mudah untuk menyusui karena tersedia tanpa ritsleting atau kancing yang menyusahkan saat dibutuhkan.

Kelebihan dan kekurangan

Apron menyusui merupakan perlengkapan bayi yang wajib dimiliki. Terlebih teruntuk ibu pekerja kantoran yang super sibuk serta pekerjaannya tidak bisa ditinggal begitu saja. Sehingga dapat disambi meski dalam kondisi apapun, Bunda.

Meskipun apron adalah alat yang memudahkan Bunda untuk memerah atau menyusui bayi di ruang publik, alat ini juga tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang meliputi:

Kelebihan

  • Menggunakan apron tetap bisa menyesuaikan outfit yang Bunda kenakan. Sebab jenis apron menyusui sudah banyak modelnya, jadi Bunda tidak perlu khawatir.
  • Lebih tertutup dan leluasa untuk mengeluarkan payudara tanpa takut kelihatan orang di sekitar.

Kekurangan

  • Terkadang bayi bisa saja menjadi terganggu karena ditutupi. Mengutip buku yang berjudul Smart Mommy's Guide Breastfeeding, bayi akan menjadi amat risih terutama yang berusia sekitar 5-6 bulan.
  • Harus dibawa terpisah. Jadi ketika menyusui di tempat umum, Bunda harus mengambilnya didalam di dalam tas, ransel, dan lain sebagainya.

Akhir kata, hal terpenting dalam memilih apron dengan menyesuaikan dengan kebutuhan Bunda. Sehingga, proses menyusui berjalan dengan lancar dan nyaman.

Simak juga Bunda, perlengkapan wajib untuk ibu menyusui pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi