sign up SIGN UP search


menyusui

Ini 6 Benda yang Bunda Butuhkan bila Menyusui di Tempat Umum

Amira Salsabila   |   Haibunda Minggu, 12 Dec 2021 13:25 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in public while sitting in a cafe with her mother caption

Jakarta - Ada banyak cara untuk menyusui Si Kecil saat sedang di tempat umum. Beberapa Bunda lebih memilih untuk menyusui secara langsung, beberapa yang lainnya memilih menggunakan botol susu.

Wanita memiliki berbagai tingkat kenyamanan saat menyusui di tempat umum. Beberapa wanita memilih untuk menghindari menyusui di depan umum dengan cara apa pun, sedangkan yang lainnya merasa benar-benar nyaman menyusui kapan pun, di mana pun, terbuka atau tidak.

"Para Bunda harus selalu merasa nyaman menyusui bayi mereka," kata Rosenfeld, Konsultan Laktasi di Brooklyn, dikutip dari Parents.


Terlepas dari tingkat kenyamanan Bunda, berikut adalah beberapa hal yang perlu Bunda ketahui sebelum Bunda menyusui Si Kecil di tempat umum. Simak penjelasan berikut ini, ya.

Hak menyusui di tempat umum

Tahukah Bunda? Bunda memiliki hak untuk menyusui di tempat umum. Menyusui di tempat umum adalah sesuatu hal yang dianggap legal di 50 negara bagian. Di beberapa negara, Bunda diizinkan secara hukum untuk menyusui di ruang publik atau di tempat terbuka mana pun yang Bunda inginkan.

Dalam beberapa bulan pertama, bayi tidak mudah terganggu dan akan menyusu di mana pun Bunda memilih untuk memberinya makan. Namun, seiring bertambahnya usia bayi, penglihatan mereka mulai meningkat, seperti halnya kesadaran mereka terhadap lingkungan sekitarnya, dan menjadi mudah terganggu. Beberapa bayi yang lebih besar akan menolak untuk makan karena mereka terlalu tertarik dengan semua yang terjadi di sekitar mereka.

Meskipun menyusui di depan umum selalu merupakan pilihan yang dapat diterima bagi Bunda yang memilih untuk melakukannya, penting juga untuk mengetahui apakah Si Kecil dapat menyusui jika mereka tidak berada di tempat yang tenang.

Banner Menu Olahan TelurBanner Menu Olahan Telur/ Foto: HaiBunda/Mia

Tips menyusui di tempat umum

Berikut ini beberapa tips yang dapat Bunda lakukan jika ingin menyusui Si Kecil di tempat umum:

  • Pastikan tas popok Si Kecil dikemas dengan baik dan termasuk penutup menyusui.
  • Jika Bunda menggunakan penutup menyusui, pastikan sesuai dengan ukuran yang diinginkan agar mudah digunakan (setidaknya Bunda dapat melihat Si Kecil menempel).
  • Pikirkan tentang di mana Bunda akan berada sepanjang hari, dan lokasi Bunda mungkin bisa menyusui.
  • Perhatikan jadwal makan Si Kecil sehingga Bunda dapat memberinya makan sebelum mereka terlalu lapar dan menangis, yang dapat membuatnya stres dan menarik perhatian pada situasi Bunda.
  • Kenakan bra menyusui dan atasan menyusui untuk memudahkan menyusui.
  • Kenakan pakaian menyusui agar Si Kecil dapat dengan mudah mengakses sumber makanan mereka.

Lalu, apa saja yang dibutuhkan Bunda saat menyusui Si Kecil di tempat umum? Simak di halaman selanjutnya, ya.

Simak pula video tentang 7 tantangan yang sering dihadapi busui di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



INILAH 6 BENDA YANG BUNDA BUTUHKAN JIKA HENDAK MENYUSUI DI TEMPAT UMUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!