sign up SIGN UP search


menyusui

3 Tips Memilih ASI Booster yang Tepat; Teliti Bahan & Kandungannya, Bun!

Tim HaiBunda Jumat, 29 Jan 2021 08:05 WIB
Smiling mother breastfeeding her baby daughter while being at home. caption
Jakarta -

Memberikan ASI kepada Si Kecil secara eksklusif merupakan idaman Bunda. Dengan pemberian ASI eksklusif, Si Kecil tidak hanya akan tumbuh sehat, tapi juga menurunkan risiko terpapar dari berbagai penyakit di fase awal kehidupannya. 

Namun, pemberian ASI tidaklah semudah itu, Bun! Ada saja kendala yang membuat ASI Bunda tidak keluar, mandek, atau bahkan membuat payudara bengkak. Saat ini terjadi, segera cari bantuan dan perbaiki gizi yang Bunda asup. 

Salah satu bantuan tersebut adalah dalam wujud ASI booster. Adapun fakta mengenai ASI booster adalah sebagai berikut;


Manfaat ASI Booster Bagi Ibu Menyusui

ASI Booster berperan meningkatkan produktivitas air susu di tubuh Bunda. Bentuknya sendiri bisa berupa makanan, minuman, pil, atau pun tablet.

Untuk ASI booster terbaik disarankan untuk memilih yang alami lebih dulu. Tapi jika akhirnya harus memilih dalam bentuk pil atau tablet, ada beberapa ketentuan yang sebaiknya Bunda perhatikan sebelum membelinya.

Cara Memilih ASI Booster Yang Tepat

1. Perhatikan Kandungan Utamanya
Saat memilih ASI booster, maka penting sekali bagi Bunda untuk memperhatikan kandungan utamanya. Karena dari kandungan utama inilah yang memiliki peran besar dalam meningkatkan produksi ASI. 

Manual breast pump, mothers breast milk is the most healthy food for newborn baby. Happy mother with baby at backgroundIlustrasi ASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Pilin_Petunyia

Bahan-bahan utama yang kerap dijadikan ASI booster misalnya saja seperti kacang almond yang kaya akan vitamin, mineral, serta asam amino yang mampu membentuk hormon serotonin untuk meningkatkan produksi ASI. Bahan lainnya adalah daun katuk dan ekstrak biji fenugreek, serta asam folat untuk menghasilkan ASI yang berkualitas.

2. Pilihlah dari Bahan-bahan Alami
Apa yang Bunda konsumsi pastinya akan dikonsumsi juga oleh Si Kecil. Oleh karena itu, pastikan bahwa ASI booster yang Bunda konsumsi berasal dari bahan-bahan alami, tanpa adanya zat kimia yang berbahaya. Meskipun ada warna dan perasa, juga haruslah menggunakan bahan yang alami.

Dukungan keamanan produk ASI booster juga harus dilengkapi dengan label BPOM yang menandakan kelegalan dari produksi tersebut. Sehingga Bunda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya secara rutin.

3. Pilih Produk yang Mudah Dikonsumsi
Agar Bunda tidak kerepotan ketika hendak mengonsumsi ASI booster, maka pastikan jika Bunda memilih produk dengan bentuk yang mudah dikonsumsi. Apalagi saat ini banyak disediakan berbagai bentuk ASI booster yang bisa Bunda pilih. Misalnya saja ada yang berbentuk tablet, bubuk yang bisa Bunda buat sebagai minuman, serta teh yang perlu diseduh terlebih dahulu.

Beberapa cara memilih ASI booster tersebut bisa membantu Bunda untuk mendapatkan produk sesuai dengan yang dibutuhkan. Sehingga harapannya produksi ASI Bunda segera lancar dan Si Kecil bisa mendapatkan asupan gizi secara cukup. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tips memperbanyak ASI saat sedang menstruasi

[Gambas:Video Haibunda]

Banner nama anak AsmirandahBanner nama anak Asmirandah/ Foto: HaiBunda



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi