sign up SIGN UP search


menyusui

4 Makanan Penambah ASI yang Bisa Bunda Coba di Rumah

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 24 Mar 2021 16:36 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption

Menjalani peran sebagai Bunda baru, kekhawatiran apakah bayi mendapatkan ASI yang cukup atau tidak kerap menghampiri. Stres dan panik pun sulit dihindari ketika mendapati ASI tak mengalir deras. Bunda mungkin akan mulai berpikir untuk mengonsumsi makanan penambah ASI.

Pertama-tama, Bunda harus tenang dulu karena hal ini wajar terjadi ya, Bunda. Di masa-masa awal menyusui, sebagian Bunda kerap menemui kendala. Proses adaptasi dengan peran sebagai Bunda baru yang mengurus bayi 24 jam tentu saja melelahkan, dan tak jarang faktor inilah yang mengganggu produksi ASI Bunda.

Jika mengonsumsi ASI booster bisa membuat Bunda lebih tenang dan yakin aliran ASI akan kembali lancar, ini adalah waktu yang tepat untuk mencobanya.


Dr Seema Khanna, seorang konsultan gizi di India menuturkan, salah satu makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI yakni biji jintan dan bawang putih.

Banner Tanaman Hias untuk Bisnis Rumahan

"Bawang putih ini harus dikonsumsi oleh Bunda yang menghadapi banyak tantangan dalam aliran ASI. Satu siung bawang putih dihancurkan untuk dikonsumsi setiap pagi dengan air. Setelahnya, Bunda dapat mengonsumsi almond setelah makan bawang putih," ujarnya, dikutip dari laman Indian Express.

Selain makanan tersebut, Bunda juga dapat mengonsumsi biji wijen yang dapat dikonsumsi mentah atau ditambahkan ke dalam salad. Serta, mengonsumsi oat dan pepaya juga dipercaya membantu mengatasi masalah rendahnya produksi ASI.

Melansir Nursingangel, berikut ini beberapa makanan penambah ASI yang dapat Bunda coba ya:

1. Ikan salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang rendah merkuri dan mengandung omega-3 serta asam lemak esensial yang baik untuk Bunda dan bayi. Tambahkan sedikit salmon dalam makanan Bunda guna membantu meningkatkan produksi ASI dan menghasilkan ASI yang berkualitas.

Klik halaman selanjutnya untuk jenis makanan lainnya.

Bunda juga bisa buat resep berikut untuk meningkatkan produksi ASI, simak videonya sampai selesai ya.

[Gambas:Video Haibunda]

MAKANAN PENAMBAH ASI: WORTEL, BAYAM, KEMANGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi