sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Seret, Bun? Ini 4 Cara Paling Efektif Perbanyak ASI

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 23 Mar 2021 12:44 WIB
ilustrasi menyusui caption

Kekhawatiran mengenai suplai ASI yang minim memang kerap menghantui para Bunda yang baru saja memiliki buah hati. Namun Bunda tenang saja, hal ini wajar terjadi, kok. Ketimbang Bunda cemas, ada baiknya Bunda berpikir bagaimana cara memperbanyak ASI secara efektif.

Jika Bunda menyusui secara eksklusif dan bayi mencapai target penambahan berat badan yang sehat, suplai ASI kemungkinan akan baik-baik saja sehingga Bunda tidak perlu meningkatkan produksi ASI. Tetapi, ketika terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan dan permintaan, artinya Bunda perlu berpikir bagaimana cara memperbanyak ASI agar kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi secara maksimal.

"Pasokan ASI biasanya didorong oleh hormon dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan," ujar Stephanie Nguyen, RN, IBCLC, konsultan laktasi dan Founder Modern Milk di Arizona.


Nguyen pun menambahkan, ketika Bunda menyusui, saraf di payudara akan memperingatkan otak Bunda untuk melepaskan prolaktin atau hormon yang berperan di balik produksi ASI, seperti dikutip dari laman The Bump.

banner resep tahuFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Sebagai orangtua baru, seringkali Bunda tidak mengetahui seberapa banyak kebutuhan bayi untuk makan dan cenderung berpikir bahwa bayi membutuhkan lebih dari yang sebenarnya dibutuhkan. Kebingungan ini pun kemudian membuat banyak Bunda mengira bahwa mereka memiliki persediaan ASI yang rendah. Padahal, sebenarnya kondisinya baik-baik saja.

Selain itu, Bunda yang menyusui tidak dapat melihat seberapa banyak ASI yang sebenarnya diminum bayi seperti halnya ketika Bunda yang memberikan susu dala, botol dan akhirnya membuat para Bunda stres. Padahal, faktanya sebanyak 90 persen Bunda memiliki kemampuan menghasilkan ASI yang cukup untuk buah hatinya.

Lanjut baca di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda juga bisa buat ASI Booster di rumah dengan resep di video berikut, lho:

[Gambas:Video Haibunda]



4 CARA EFEKTIF PERBANYAK ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi